google dan android

RADARDEPOK.COM – Youtube menjadi salah satu wadah hiburan banyak orang saat menggunakan menggunakan handphone (HP).

Namun, sekarang ini sebelum mengakses Youtube di HP, sebaiknya perlu cek OS-nya terlebih dahulu, apakah terhitung baru atau jadul.

Sebab mulai minggu depan, sistem operasi lama tidak bisa lagi akses platform itu. Hal ini terjadi karena Google baru saja memperbarui syarat perangkat untuk mendukung layanannya.

Ponsel dengan Android 2.3.7 (Gingerbread) ke bawah tidak bisa lagi mengakses Youtube per 27 September 2021. Akan tetapi tidak hanya youtube, ada sederet layanan Google yang tidak bisa diakses per minggu depan.

Di antaranya Gmail, Maps, hingga akun Google. Melansir dari laman Support, Google menyebut kebijakan baru ini bertujuan untuk melindungi keamanan akun penggunanya. Android lama ada kemungkinan memiliki kerentanan yang belum ditambal dan bila ini terjadi maka bisa membahayakan akun pengguna.

Saat pengguna dengan OS lama ingin masuk ke layanan Google minggu depan, maka akan ada kesalahan nama dan password, dikutip laman Support, dikutip Senin (20/09).

“Jika masuk perangkat setelah 27 September, Anda mungkin mendapatkan kesalahan nama pengguna atau password saat mencoba menggunakan produk dan layanan Google seperti Gmail, Youtube dan Maps,” tulis Google.

Kemudian bagi pemilik Android lama yang tetap ingin mengakses layanan Google minggu depan, perusahaan mendorong untuk bisa melakukan pembaruan sistem operasi (OS).

“Jika perangkat Anda memiliki kemampuan untuk memperbarui ke versi Android lebih baru (3.0+), kami menyarankan Anda untuk melakukannya,” kata Google.

Sebagai informasi, Android 2.3.7 sudah berusia hampir 10 tahun. Google sepertinya ingin memutus akses perangkat Android lama dalam kebijakan tersebut.

Memutus akses produk dan layanannya pada OS lama bukanlah kebijakan yang pertama kali. Karena sebelumnya, raksasa teknologi itu juga mengumumkan Android 4.3 Jelly Bean atau lebih lama tidak bisa mengakses Google Play, dikutip Slash Gear. Adanya kebijakan ini maka berdampak pada aplikasi di dalam perangkat tersebut. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya