pelatihan pencaker di kota depok
SEMANGAT : Pelatihan kerja dengan materi potong rambut, yang digelar Disnaker Kota Depok. ist

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Masyarakat Kota Depok yang belum mendapatkan pekerjaan dan ingin menggali potensi atau skill baru, tak ada salahnya mendaftarkan diri melalui situs http://simpel.depok.go.id.

Dalam waktu dekat, rencananya Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok akan menggelar lima pelatihan untuk meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM).

Kepala Disnaker Kota Depok, Mohamad Thamrin menjelaskan, pelatihan kerja tersebut diperuntukkan bagi masyarakat Kota Depok yang masih mencari pekerjaan. Mereka diajak meningkatkan kapasitas diri dengan skill, dan wawasan baru.

“Program ini sebetulnya sudah lama, dalam upaya meningkatkan kompetensi pencari kerja (pencaker) sehingga dapat bekerja dalam industri atau dunia usaha. Maupun membuka usaha mandiri sampai membuka lapangan pekerjaan,” ujarnya kepada Radar Depok, Jumat (10/9).

Thamrin menambahkan, dalam waktu dekat terdapat lima jenis pelatihan yang akan digelar. Diantaranya Tata Boga pada 5-13 Oktober, Bengkel Roda Dua Angkatan I 4-29 Oktober dan Angkatan II 1-26 November, Servis Komputer 20-28 September, Pelatihan komputer 20-28 September, serta servis AC 2-10 November.

“Kuota jumlah peserta untuk masing masing jenis pelatihan, untuk Komputer kuotanya 25 orang, Service Komputer 20 orang, Tata Boga 20 orang, Bengkel Roda Dua 40 orang, dan Service AC 20 orang,” bebernya.

Sejumlah persyaratan harus dipenuhi oleh pendaftar, seperti KTP Depok, memilki AK-1 (kartu kuning), usia 18-40 tahun (jika di atas 40 tahun disertai surat PHK dari perusahaan), belum bekerja atau menganggur, tidak sedang sekolah atau pendidikan. Bila sesuai dengan kriteria di atas, pencaker bisa langsung mengakses tautan http://simpel.depok.go.id.

“Dalam aplikasi terdapat pilihan jenis pelatihan dalam brosur. Calon peserta dapat memilih salah satu sesuai keterampilan yang akan dituju,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelatihan, Produktivitas dan Bina Lembaga Pelatihan Kerja, Tri Astuti Yeniretnowati mengatakan diharapkan para calon peserta dapat mendaftarkan diri sesegera mungkin. Lantaran pendaftaran pelatihan akan ditutup H-9 sebelum pelaksanaan.

“Pendaftaran akan ditutup H-9 sebelum pelaksanaan pelatihan. H-7 akan dilakukan seleksi pelatihan, serta H-3 peserta yang lolos akan diberikan informasi oleh petugas

Pengumuman akan disampaikan secara langsung kepada peserta yang diterima melalui WA dan juga akan diumumkan dalam aplikasi SIMPEL,” katanya.

Calon peserta akan diseleksi dalam dua tahapan. Pertama, seleksi administrasi bagi pencaker yang memenuhi kriteria sebagai peserta seperti dalam brosur dan kedua, seleksi teknis (melalui wawancara yang dilakukan oleh petugas dan instruktur pelatihan).

“Instruktur pelatihan bekerja sama dengan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK). Pelatihan dilakukan secara offline dengan protokol kesehatan yang ketat. Dari pelatihan ini, sudah banyak pencaker yang bekerja, banyak juga yang sudah berwirausaha mandiri,” tandasnya. (rd/daf)

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Junior Williandro