LAUNCHING : Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono secara simbolis meresmikan Gerai Jelantah Cantik (Jelantik), di aula Kantor Kelurahan Harjamukti, Minggu (19/9).FOTO:LULU/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM – Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis kini miliki 10 Gerai Jelantah Cantik (Jelantik), yang baru saja diresmikan di aula Kantor Kelurahan setempat, Minggu (19/9).

Dalam kesempatan ini, dihadiri pula oleh Anggota DPRD Fraksi PKS Ade Supriatna, Camat Cimanggis Abdul Rahman, LPM Harjamukti Jayadi, serta para ketua RW di Kelurahan Harjamukti.

Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono menyebut, minyak jelantah yang dibuang sembarangan sangat mencemari lingkungan, untuk itu diberi wadah bagi masyarakat melalui gerai ini.

“Ini bukanlah yang pertama, di beberapa kecamatan juga sudah lebih dahulu melaunching gerai minyak jelantah ini,” ucapnya kepada Radar Depok, Minggu (19/9).

Nantinya, minyak jelantah yang dikumpulkan ini, bisa dijual ke pabrik untuk dijadikan bahan bakar ataupun bisa dibuat menjadi sabun, seperti yang sudah dibuat di beberapa wilayah.

“Karena menyangkut dengan lingkungan, sehingga gerai ini menjadi salah satu upaya untuk mengurangi pencemaran lingkungan tetapi memiliki nilai ekonomi yang juga bisa membantu kebutuhan masyarakat,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Lurah Harjamukti Sukmara Wirakusumah menyebut dari 10 titik gerai ini tersebar di beberapa RW, diantaranya RW 4,5,6,8,10,11, dan Sekolah Baitul Hikmah, Akhdor,  serta Ar-Rabbani.

“Kami akan terus mendorong, agar 16 RW yang ada di Harjamukti seluruhnya memiliki gerai Jelantik,” tandasnya.(rd/tul)

Jurnalis : Lutviatul Fauziah

Editor : Febrina