Walikota Depok, Mohammad Idris dan Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono saat melaunching Kartu Depok Sejahtera (KDS) di Aula Teratai, Gedung Balai Kota Depok.

RADARDEPOK.COM , DEPOK  –  Pemkot Depok resmi meluncurkan Kartu Depok Sejahtera (KDS) Rabu (15/09) di Aula Teratai, Gedung Balai Kota Depok. KDS merupakan kartu pertama dengan ragam layanan bantuan sosial bagi warga kurang mampu di Kota Depok.

Karenanya, Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono pun mengucap syukur dan berharap KDS dapat bermanfaat bagi warga Depok, khususnya mereka yang kurang mampu.

“Sesuai dengan sambutan pak Walikota, Pak Kyai Idris, KDS adalah bentuk perhatian Pemkot Depok pada masyarakat kurang mampu secara ekonomi serta masyarakat yang terdampak Covid-19,” tutur Imam Budi Hartono kepada Radar Depok.

Imam yang juga Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mengungkapkan, KDS merupakan salah satu janji kampanye pasangan Mohammad Idris-Imam Budi Hartono pada Pilkada Depok 2020. Ia pun bersyukur karena enam bulan paska dilantik dapat merealisasikan program tersebut.

“Alhamdulillah, tentu kami bersyukur dalam tempo enam bulan kami bisa merealisasikan program ini. sesuai dengan yang dikatakan pak Kyai Idris, melalui KDS Pemerintah Kota Depok berharap dapat mengangkat derajat masyarakat kurang mampu,” paparnya.

Selain itu, sambung mantan Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat ini, KDS diharapkan dapat mengentaskan masalah kemiskinan, khususnya bagi warga yang telah tercatat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kota Depok.

“Maupun masyarakat miskin Kota Depok yang belum tercatat dalam DTKS,” ujar Imam.

Imam menerangkan bahwa KDS mengintegrasikan data penerima 7 layanan manfaat,  di antaranya  Pelayanan Kesehatan gratis melalui Bantuan Iuran PBI-APBD Depok,  bantuan Pendidikan bagi siswa dan Mahasiswa Berprestasi, Renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), Bantuan Santunan Kematian (Sankem), Bantuan Ketersediaan Pangan,  Bantuan Lansia dan Disabilitas, Pelatihan Keterampilan dan Penyaluran Kerja.

Dan Imam menambahkan, Pemkot Depok bertekad menjadikan warga kurang mampu sebagai Prioritas melalui mekanisme yang mudah, simple dan aksesabel bagi warga kurang mampu.

“Pak Kyai Idris, saya dan Pemkot Depok akan terus menyentuh mereka yang kurang mampu. Namun, penyalurannya akan dilakukan secara bertahap. Penerima bantuan adalah khusus bagi masyarakat kurang mampu, lansia, disabilitas yang masuk dalam DTKS maupun masyarakat miskin yang belum masuk DTKS sesuai peraturan perundang undangan,” imbuh Imam.

Imam pun berharap dengan adanya KDS ini dapat lebih menyentuh warga Depok, khususnya mereka yang kurang mampu, sehingga kedepannya bantuan-bantuan sosial dapat tepat sasaran, sesuai dengan data yang dimiliki Pemkot Depok.

“Insha Allah bermanfaat, mari bersama kita berusaha dan berdoa untuk mewujudkan Kota Depok yang Maju, Berbudaya dan Sejahtera,” pungkas Imam. (cky)

 

Editor : Ricky Juliansyah