padat penduduk asean

RADARDEPOK.COM – Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Brunei Darussalam, Laos, Myanmar, Vietnam dan Kamboja merupakan organisasi geopolitik ekonomi negara di kawasan Asia Tenggara. Lalu, negara ASEAN yang paling padat penduduknya?

Masing-masing negara tentu mempunyai kepadatan penduduk yang berbeda-beda. Luasnya wilayah suatu negara, belum tentu menjadikan negara tersebut termasuk negara yang padat penduduknya. Kemudian jumlah penduduk yang besar, belum tentu dapat dikatakan padat.

Kepadatan penduduk adalah jumlah penduduk yang dibandingkan dengan luas wilayah di suatu tempat per km² atau jumlah setiap penduduk dengan jarak setiap satu mil, seperti dikutip dalam buku berjudul “Ilmu Pengetahuan Sosial SMP Kelas VIII Edisi 4”, karya Sugiharsono dkk.

Seperti misalnya Indonesia dengan jumlah penduduk terbesar di kawasan Asia Tenggara hingga mencapai lebih dari 270 jiwa belum tentu merupakan negara ASEAN yang paling padat penduduknya.

Seperti yang dikutip dari buku Kemendikbud Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/Mts Kelas VIII, Luas wilayah daratan ASEAN berkisar ± 4.817.000 km², hal ini tentu memberikan sumbangsih atas besarnya jumlah dan kepadatan penduduk di dunia.

Tabel di atas merupakan daftar data negara di Asia Tenggara berdasarkan ukuran populasi (population size), tingkat pertumbuhan (growth rates) dan kepadatan penduduk (population density) yang di keluarkan oleh United Nations Population.

Jika dijabarkan dari tabel tersebut, berikut adalah daftar negara ASEAN dilihat dari kepadatan penduduknya pada tahun 2010:

  • Singapore: dengan kepadatan penduduk 7,447 jiwa/km²
  • Filipina: dengan kepadatan penduduk 311 jiwa/km²
  • Vietnam: dengan kepadatan penduduk 265 jiwa/km²
  • Thailand: dengan kepadatan penduduk 135 jiwa/km²
  • Indonesia: dengan kepadatan penduduk 126 jiwa/km²
  • Malaysia: dengan kepadatan penduduk 86 jiwa/km²
  • Kamboja: dengan kepadatan penduduk 78 jiwa/km²
  • Myanmar: dengan kepadatan penduduk 71 jiwa/km²
  • Brunei: dengan kepadatan penduduk 135 jiwa/km²
  • Laos: dengan jumlah kepadatan penduduk 26 jiwa/km²

Dari data UN Population Division tahun 2010, terlihat bahwa negara ASEAN yang paling padat penduduknya adalah negara Singapura. Kemudian disusul Filipina dan Vietnam. Indonesia sendiri menempati posisi kelima negara ASEAN dengan kepadatan penduduk tertinggi.

Namun jika menggunakan data UN Population Division tahun 2020, Indonesia menggeser posisi Thailand. Jumlah penduduk Thailand 69,8 juta dengan kepadatan 136 jiwa/km². Sementara Indonesia populasinya melejit menjadi 273,5 juta dengan kepadatan penduduk 142 jiwa/km².

Adapun Singapura tetap merupakan negara ASEAN yang paling padat penduduknya pada angka 8.029 jiwa/km². Singapura pada tahun 2020 disebut memiliki populasi 5,85 juta jiwa. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya