petakan bencana jatijajar
SOSIALISASI : Kegiatan pencegahan dan kesiapsiagaan bencana di wilayah Jatijajar, Kecamatan Tapos, Rabu (29/09). FOTO : LULU/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, JATIJAJAR – Mengingat, Kota Depok dilanda cuaca ekstrim, selama dua hari Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos adakan kegiatan pencegahan bencana sekaligus memetakan titik rawan bencana di wilayahnya.

Lurah Jatijajar, Sutadi mengatakan, peserta yang terlibat dalam kegiatan ini yakni perwakilan dari seluruh RW yang ada di Jatijajar, Satlakar, serta Tagana.

“Kegiatan ini adalah pembekalan mitigasi bencana, baik banjir, longsor, kebakaran atau bencana lainnya. Yang dilakukan selama dua hari, dengan narasumber dari Damkar dan Dinsos,” ucapnya kepada Radar Depok, Rabu (29/09).

Dia menyebut, kegiatan ini bertujuan agar perwakilan dari tiap dapat memetakan dan melaporkan titik rawan bencana di wilayahnya masing-masing.

“Fungsinya memang untuk mapping, mereka yang menjadi perwakilan dari tiap RW nantinya di hari kedua bisa melaporkan titik-titik rawan bencana,” terangnya.

Setelah dilakukan pemetaan titik bencana, selanjutnya para peserta juga diharapkan bisa melakukan penanganan dini jika di wilayahnya terjadi bencana.

“Karena bencana datang tiba-tiba, untuk itu semua harus siap, termasuk masyarakatnya. Untuk itu, perlu dibekali penanganan dini sebelum adanya petugas yang membantu evakuasi,” tandasnya. (rd/tul)

 

Jurnalis : Lutviatul Fauziah

Editor : Pebri Mulya