atlet taekwondo asal depok
AKTIVITAS : Athaya Edgina saat tampil di ajang Abdul Razak Cup. ist

Athaya Edgina merupakan salah seorang atlet taekwondo di Kota Depok. Perempuan yang masih duduk di bangku SMA mengawali karirnya dengan olahraga taekwondo.

Laporan : Ivanna Yustiani

RADARDEPOK.COM, Siang menuju sore, kondisi GOR Kesang, di Kelurahan/Kecamatan Beji, cukup lenggang. Duduk di sudut GOR, Athaya fokus dengan gawainya. Ibu jarinya lincah menari diatas layar sentuh. Hampir 15 menit dia terdiam sendiri. Hari itu, dia ada janji dengan kawannya. Mau latihan taekwondo.

Ia merupakan atlet beladiri tendang ini. Sejak lama ia sudah berkecimpung di bidang tersebut. Sejak kelas 5 SD. Semua berawal hanya karena ikut-ikut dengan teman. Dua memang senang olahraga. Basket sampai renang ia ikuti. Terbesit mau coba bidang beladiri, tapi belum mendapat restu orang tua.

“Awalnya ikut-ikut teman hanya olahraga renang dan basket. Kalau untuk bela diri ini saya belum terlalu suka dan belum dibolehkan orang tua, dan kemudian ikut lagi dengan teman untuk bela diri, sekarang jadi suka,” ucap Athaya.

Athaya ikut ekstrakulikuler pada saat duduk di bangku Sekolah Dasar. Salah satu pelatih Athaya, menemui ide untuk membuat klub yang bernama O2TC yang didirikan oleh Odie Agung Prasetyo dan Muhammad Rosyid Alim Akbar.

Perempuan 17 tahun ini mulai masuk O2TC di tahun 2014. Terjun ke taekwondo, ternyata ada rasa nyaman di dalamnya. Warga Kukusan ini melakukan latihan di setiap harinya untuk mengasah kemampuannya, karena sebelumnya athaya belum mengerti sama sekali tentang taekwondo.

Klub O2TC memiliki dua kelas. Regular dan prestasi. Athaya kini menempatkan posisinya di kelas prestasi, dikarenakan sudah di tingkat sabuk hitam atau paling tinggi.

Di sela-sela waktu sekolahnya, Athaya masih menyempatkan untuk mempersiapkan dirinya untuk tampil di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) tahun 2022. Dengan terus melakukan latihan selama dua jam untuk memaksimalkan penampilannya jika nanti terpilih. “Sekarang saya sedang latihan untuk mempersiapkan Porda tahun 2022,”

Ini bukan pertama kali athaya mengikuti lomba. Namun sudah beberapa kali seperti ajang Malaysia Open dan Korea Open. (bersambung)

Editor : Junior Williandro