JKN
PELAYANAN : Salah satu peserta JKN-KIS asal Depok, Erwin

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Komitmen Program JKN-KIS dalam memberikan jaminan kesehatan yang berkualitas bagi masyarakat patut untuk diapresiasi.

Bagaimana tidak, meski seringkali ditimpa berbagai tantangan, Program JKN-KIS tetap bertahan membantu masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan dengan baik.

Kontribusi Program JKN-KIS terhadap layanan kesehatan masyarakat juga tidak dapat dipandang sebelah mata. Sebab program yang diselenggarakan BPJS Kesehatan itu telah mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

Ditemui di kediamannya, salah satu peserta JKN-KIS asal Depok, Erwin menyampaikan bahwa Program JKN-KIS merupakan solusi atas permasalahan layanan kesehatan yang selama ini terjadi.

Mahalnya biaya layanan kesehatan yang selama ini menjadi kendala utama masyarakat untuk melakukan pengobatan, kini telah teratasi oleh Program JKN-KIS.

Di samping itu, Program JKN-KIS juga telah berkontribusi dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan yang diberikan oleh fasilitas kesehatan kepada masyarakat. Hal ini tampak dari kepuasan masyarakat yang merasa nyaman saat melakukan pengobatan.

Saya dan keluarga adalah contoh masyarakat yang merasa sangat terbantu dengan Program JKN-KIS dan merasa puas dengan layanan yang diberikan. Meski saya dan keluarga baru terdaftar sejak 2018, namun kami telah beberapa kali merasakan manfaat program ini,” kata Erwin mengawali ceritanya, Kamis (22/07).

Dirinya mengatakan bahwa Program JKN-KIS telah membantu keluarganya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Hal tersebut ia ungkapkan saat istrinya harus menjalani proses persalinan. Dirinya mengaku, hanya dengan menggunakan kartu kepeserta JKN-KIS yang dimiliki sang istri, pelayanan yang didapatkan sangat optimal dan cepat.

“Saya yang mengurus administrasi pengobatan juga ikut merasakan hal tersebut. Saat saya melakukan pendaftaran, prosesnya sangat cepat dan membuat istri saya bisa segera dilayani oleh dokter. Hal lain yang membuat saya merasa puas adalah dokter dan perawat sangat sigap dalam membantu istri saya. Hal ini membuat persalinan istri saya bisa berjalan dengan lancar,” ujar Erwin.

Erwin juga menuturkan bahwa berobat sebagai pasien JKN-KIS, akan memperoleh pelayanan yang sama dengan pasien yang menggunakan asuransi swasta mahal.

Berdasarkan pengalaman keluarganya, Erwin tidak merasakan adanya diskriminasi atau perbedaan layanan yang diterima dengan pasien lainnya.

Selain itu, Program JKN-KIS juga memberikan rasa aman karena tidak dihantui dengan kekhawatiran atas biaya pelayanan kesehatan yang bisa saja membengkak. Sebab jika berobat sebagai pasien JKN-KIS, semua biaya telah dijamin dan membuat pasien bisa fokus dengan pengobatannya. Menurutnya hal ini penting karena jika pikiran pasien tidak terganggu, maka akan membantu percepatan proses kesembuhan.

Sejauh ini kami tidak pernah mengalami kendala apapun. Kami merasa sangat beruntung dengan adanya Program JKN-KIS. Sebab meskipun kami merupakan peserta baru, namun kami tidak diperlakukan berbeda dengan peserta yang lama. Bahkan saat berobat, pelayanan yang kami peroleh sama baiknya dengan pelayanan yang diberikan kepada pasien lainnya,” tutup Erwin. (rd/daf)

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Junior Williandro