program JKN
PROGRAM NYATA : Salah satu Peserta JKN-KIS asal Kota Depok, Hanie Sharani Juliana. Ist

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Kiprah Program JKN-KIS memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat memang tidak dapat diragukan lagi. Sejak diluncurkan pada 2014, JKN-KIS terus memberikan berbagai manfaat kepada masyarakat yang membutuhkan pengobatan.

Pemanfaatan JKN-KIS oleh masyarakat pun terus mengalami peningkatan. Bahkan dalam rentang waktu 2014 hingga 2020 pemanfaatan Program JKN-KIS telah mencapai 1,3 miliar kali. Hal ini juga sekaligus membuat Program JKN-KIS menjadi top of mind pembiayaan pelayanan kesehatan di Indonesia.

Salah satu Peserta JKN-KIS asal Kota Depok, Hanie Sharani Juliana mengungkapkan bahwa Program JKN-KIS merupakan program yang sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Kesulitan mengakses layanan kesehatan yang dahulu sering dirasakan, kini tidak pernah terjadi lagi berkat Program JKN-KIS. Bahkan kendala biaya pengobatan yang seringkali melanda masyarakat, tidak pernah dirasakan lagi berkat bantuan Program JKN-KIS. Sehingga kini masyarakat bisa berobat dengan baik tanpa adanya kendala.

Saya telah beberapa kali merasakan berobat sebagai pasien JKN-KIS. Bagi saya, berobat sebagai pasien JKN-KIS memberikan rasa aman dan nyaman. Rasa aman karena tidak perlu dipusingkan lagi dengan biaya pengobatan yang bisa saja sangat mahal. Semua biaya pengobatan dijamin dalam Program JKN-KIS. Jadi sebagai pasien yang berobat, saya tidak perlu lagi mengeluarkan biaya pribadi saat menjalani pengobatan. Jadi bisa fokus berobat untuk cepat sembuh. Kemudian merasa nyaman karena pelayanan yang diberikan oleh petugas sangat bagus. Fasilitasnya juga cukup memadai, sehingga mendukung pasien untuk merasa lebih rileks,” ungkap Hanie, Rabu (14/07).

Lebih lanjut, Hanie menuturkan, JKN-KIS juga sangat dibutuhkan masyarakat saat ini. Pandemi Covid-19 yang sedang melanda negeri bahkan dunia, membuat kondisi kesehatan rentan mengalami penurunan. Dalam sekejap orang yang sehat bisa jatuh sakit. Untuk itu, Program JKN-KIS dibutuhkan menjadi tameng dalam melindungi kesehatan diri.

Sebagai orang yang paham terhadap urgensi Program JKN-KIS dan telah memiliki pengalaman berobat sebagai pasien JKN-KIS, Hanie pun mengajak kepada semua orang untuk segera mendaftar menjadi peserta JKN-KIS. Serta memastikan Kartu JKN-KIS dalam kondisi aktif dan bisa digunakan setiap saat.

Kesehatan merupakan investasi yang paling berharga. Jadi perlu untuk selalu menjaga kesehatan diri. Biasakan menerapkan pola hidup sehat dan lindungi diri dalam naungan Program JKN-KIS. Program dengan sejuta manfaat dan terbukti dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Sakit bisa datang diwaktu dan kondisi apa saja. Jadi jangan tunda dan segera daftar menjadi peserta JKN-KIS selagi sehat,” tutup Hanie. (rd/daf)

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Junior Williandro