tanah baru terbaik di jabar
FOKUS : Lurah Tanah Baru (kiri) bersama Asistem Hukum dan Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Depok, Sri Utomo (tengah) saat menghadiri acara Klarifikasi Lapangan Penilaian Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi di Kantor Kelurahan Tanah Baru, Selasa (31/8).

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, didapuk menjadi juara pertama kategori dalam lomba kelurahan tingkat Provinsi Jawa Barat. Mengungguli dua kota lainnya, yakni Kota Banjar dan Cimahi. Tujuh inovasi dan program ditujukkan dalam peningkatan pelayanan yang diberikan untuk masyarakat.

Asistem Hukum dan Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Depok, Sri Utomo mengatakan prestasi yang ditorehkan Kelurahan Tanah Baru menjadi sejarah baru Kota Depok sejak berdirinya pada 1999. Capaian ini diharapkan memicu lurah di wilayah lainnya agar terus meningkatkan kapasitas dan inovasi pelayanan.

“Kami mengucapkan selamat atas raihan prestasi dan rasa bangga atas prestasi ini. Kelurahan Tanah baru bisa unggul dan juara pertama dalam lomba kelurahan tingkat Provinsi Jawa Barat,” ujarnya kepada Radar Depok, Kamis (16/9).

Sri menyebut, pencapaian sejauh ini tak terlepas dari dukungan unsur pimpinan serta masyarakat. Sejumlah proses yang telah terlewati diantaranya pemberkasan sampai klarifikasi ini.

“Terima kasih kepada Walikota, Wakil Walikota, Sekda, Ketua TP-PKK Kota Depok, Kepala OPD atas dukungan dan bimbingannya sehingga dapat meraih prestasi tersebut,” bebernya.

Menurut Sri, fokus program yang dilakukan untuk menghadapi perlombaan ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan yang diberikan untuk masyarakat Tanah Baru di masa pandemi Covid-19. Sudah berjalan cukup baik dan optimal.

Sejumlah program tersebut meliputi inovasi dukungan e-government seperti Sistem Layanan Online Kelurahan dan Kecamatan Kota Depok (SILO), Sistem Informasi Pengelolaan Arsip (SIARSIP) dari Diskarpus dan portal web kelurahan www.kel-tanahbaru.depok.go.id. Lalu inovasi bidang pendidikan ada program Punuk Onta atau Pustaka Nu Normal Kota Depok – Kelurahan Tanah Baru, sebagai media edukasi dan informasi anak untuk mendorong gemar membaca.

“Kemudian aspek kesehatan kami punya program Antar Jemput Layanan Gratis untuk Lansia (Anjella) untuk masyarakat, aspek perekonomian ada program Pojok Desaign dan promosi online (Podespromline). Yakni penyediaan sarana dan prasarana pendidikan pendukung UMKM dalam pembuatan kemasan dan digitalisasi pemasaran,” tuturnya.

Dirinya berharap, adanya program dan inovasi ini dapat bermanfaat serta menjadi kebanggaan tersendiri baik bagi aparatur, masyarakat Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, serta Kota Depok.

Sementara itu, Walikota Depok, Mohammad Idris mengungkapkan, pasca meraih prestasi di tingkat Provinsi Jabar. Nantinya Kelurahan Tanah Baru akan mewakili Jabar pada tingkat nasional, pihaknya menargetkan Kota Depok bisa tembus ke tiga besar.

Apresiasi saya kepada Kelurahan Tanah Baru, menunjukkan bahwa Lurah Tanah Baru memiliki kompetensi, koordinasi dengan baik dan melahirkan banyak inovasi unggulan,” tandasnya. (rd/daf)

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Junior Williandro