bkn award 20-21
TERIMA : Penyerahan Penghargaan dari BKN Award 2021 untuk Kota Depok sebagai terbaik ketiga pada kategori kedua, Implementasi SAPK dan Pemanfaatan CAT untuk kota tipe A, Kamis (9/9). FOTO : DAFFA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM – Pundi-pundi penghargaan datang lagi ke Kota Depok. Kamis (9/9), Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mendapatkan penghargaan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Award Tahun 2021, kategori implementasi Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) dan Pemanfaatan Computer Assisted Test (CAT), Tingkat Kota Tipe A peringkat ketiga. Perhargaan diberikan langsung Kepala Kantor Regional III Badan Kepegawaian Negara (Kanreg III BKN), Tauchid Djatmiko di Gedung Balaikota Depok.

Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono mengungkapkan, apresiasi atas kinerja BKPSDM Kota Depok yang dinilai sudah sangat baik. Serta mampu berkompetisi dengan kota besar lainnya dalam ajang BKN Award 2021 yang diumumkan pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian, secara online tanggal 1 Juli 2021.

“Ini sebagai tanda bahwa kerja BKPSDM Kota Depok benar dan bisa bersaing bersama seluruh kota-kota besar di Indonesia dan mengalahkan Kota Bandung, dan Kota Surabaya. Sungguh luar biasa,” ucapnya kepada Harian Radar Depok, kemarin (9/9).

Imam turut berpesan kepada BKPSDM Kota Depok, agar tidak cepat berpuas diri, serta dapat terus menggali performa dan kemampuan. Sehingga prestasi lainnya di bidang SDM dapat dicapai dengan optimal pada ajang lain tahun-tahun berikutnya.

“Harapannya penghargaan ini bisa meningkatkan terus kinerja dari BKPSDM supaya hasil tahun depan bisa meraih penghargaan yang lain lain, mempertahankan ini dan mendapatkan penghargaan yang lain di bidang SDM,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok, Novarita mengatakan, saat ini Pemkot Depok telah memiliki Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG). Sistem tersebut dimanfaatkan sebagai data base kepegawaian dan terintegrasi ddngan Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) besutan BKN.

“Selain itu, kami juga sudah mengembangkan Sistem Administrasi Kepegawaian dan Kompetensi Aparatur Kekinian (SIAPKOMPAK) untuk pelayanan administrasi kepegawaian dan peningkatan kompetensi aparatur,” ujarnya kepada Radar Depok, saat didampingi Sekretaris BKPSDM Kota Depok, Mary Liziawati, Kamis (9/9).

Novarita menyebut, disamping memberikan penghargaan, BKN turut menyampaikan sejumlah masukan untuk BKPSDM Kota Depok agar meningkatkan layanan kepegawaian yang dilakukan secara dalam jaringan (daring).

“Tadi BKN menyampaikan kedepannya semua layanan kepegawaian itu dilakukan secara online, meminimalisir berkas. Kemudian, kedua mengganti moto, bukan pelayanan tepat waktu, tetapi pelayanan sebelum waktunya, layanan kepegawaian itu sudah selesai sebelum waktunya,” tandasnya. (daf/rd)

Jurnalis : Daffa Syaifullah 

Editor : Fahmi Akbar