pangkalanjati bank sampah
KOMPAK : ASN Kelurahan Pangkalanjati, Cinere, stakeholder, karang taruna dan anggota Bank Sampah Kurma RW7 memperingati World Clean Up Day. ISTIMEWA

RADARDEPOK.COM – Memperingati hari kebersihan sedunia (World Clean Up Day). Jumat (24/9), Aparatur Sipil Negara (ASN) Kelurahan Pangkalanjati, Cinere, stakeholder, karang taruna dan anggota Bank Sampah Kurma RW7, melaksanakan aksi bersih-bersih. Giat tersebut di fokuskan di seputaran basecamp Bank Sampah Kurma.

Kepada Harian Radar Depok, Lurah Pangakalanjati, Tarmuji mengatakan, pelaksanaan aksi bersih dan memilah sampah diarea seputar wilayah RW7, merupakan bagian dari realisasi kegiatan dalam peringatan hari kebersihan sedunia (World Clean Up Day) tahun 2021. Sekaligus dalam kerangka memotivasi warga untuk terus memperhatikan kebersihan lingkungan.

“Ya sekarang masih dalam suasana peringatan hari kebersihan internasional, kami warga kelurahan Pangkalanjati memperingatinya dengan bersih-bersih lingkungan. Dan lokasinya kami tetapkan diseputar sekretariat Bank Sampah Kurma RW7,” ujar lurah.

Menurutnya, momentum peringatan hari kebersihan internasional juga dioptimalkan sebagai ajang sosialisasi kegiatan bank sampah kepada masyarakat. Dia ingin semua RW nantinya memiliki bank sampah karena dari tujuh RW di Pangkalanjati. “Saat ini baru ada dua bank sampah dan dua duanya berada diwilayah RW tujuh, artinya enam RW lainnya belum memiliki Bank Sampah,” papar lurah.

Terpisah, Ketua Bank Sampah Kurma 7 Pangkalanjati, Fauzan Nur Khamali mengatakan, meskipun keberadaan Bank Sampah Kurma relatif belum begitu lama. Namun, kata dia, aktivitas para kaum ibu anggota bank sampah dalam melaksanakan pengumpulan dan memilah sampah terus mengalami peningkata. Hal itu, lanjut dia, secara tidak langsung akan meningkatkan penghasilan para anggota bank sampah.

“Keberadaan kami memang belum begitu lama, tapi saya bangga melihat tingginya semangat para anggota bank sampah dalam aktivitas mengumpulkan dan memilah sampah. Mudah-mudahan ini akan menjadi semacam daya tarik bagi warga untuk ikut ambil bagian dalam kegiatan mengumpulkan dan memilah sampah di bank sampah,” ujar Fauzan, usai melakukan pemilahan sampah, Jumat (24/9).

Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kelurahan Pangkalanjati, Mulyani menyebutkan, aktivitas pengumpulan dan pemilahan sampah merupakan salah satu kegiatan yang masuk dalam program pokok PKK. Ia meminta kepada para kader PKK diseluruh wilayah RW, untuk terus menggiatkan aksi mengumpulkan dan memilah sampah. “Kami akan menggiatkan sosialisasi pembentukan bank sampah sebagai wadah kegiatan pemilahan sampah disemua wilayah RW,” tandas Mulyani.(tul/rd)

Jurnalis : Lutviatul Fauziah 

Editor : Fahmi Akbar