pengmas energi ikan 1

RADARDEPOK.COM – Tim dosen Fakultas Teknik UPN Veteran Jakarta (UPNVJ) dengan melibatkan mahasiswa Program Studi Teknik Elektro melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat (Pengmas) kepada peternak budi daya ikan hias, Jamal SSFarm.

Dalam pengmas tersebut, pembahasannay tentang bagaimana mengimplementasikan energi alternatif bersumber tenaga matahari untuk memenuhi kebutuhan listrik pada kolam budi daya ikan hias.

Jamal SSFarm merupakan peternak budi daya ikan hias mas koi yang sudah ada sejak tahun 1980an di Balai Bibit Ikan Hias Ciganjur.

Semakin tingginya kebutuhan ikan hias mas koi, menyebabkan kebutuhan akan energi listrik untuk menggerakkan elektronika seperti pompa listrik, aerator, sistem penghangat, dan lainnya menjadi lebih tinggi. Keterbatasan listrik yang ada pada kolam, yaitu hanya 1.300 Watt sedangkan kebutuhan lebih dari itu, menyebabkkan peternak membutuhkan energi listrik tambahan.

Tim dosen Fakultas Teknik menawarkan solusi kepada Jamal SSFarm, yaitu mengimplementasikan energi terbarukan dalam mendukung energi listrik pada kolam tersebut. Selaku mitra, Jamal SSFarm, menyetujui tawaran solusi dari tim dosen Fakultas Teknik tersebut. Kegiatan pengmas tersebut disetujui oleh Universitas dan telah dilaksanakan pada periode Juli – Agustus 2021 dengan melibatkan mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Angkatan 2019 dan 2020.

Dalam pelaksanaan pengmas tersebut, ada dua tahap yang dilakukan. Tahapan pertama adalah kegiatan survei dan pengujian alat-alat yang telah dibeli berdasarkan kebutuhan dari mitra. Selanjutnya, pada tahapan kedua dilakukan kegiatan pemasangan dan implementasi sistem energi alternatif bertenaga surya yang dilakukan oleh tim dosen dan tim mahasiswa langsung di lokasi mitra, Jamal SSFarm.

Pada tahapan kedua tersebut, selain melakukan pemasangan dan implementasi, tim dosen dan mahasiswa juga memberikan pendampingan kepada Jamal SSFarm, terkait sistem energi alternatif tersebut.

Harapan dari tim dosen dan mahasiswa Fakultas Teknik UPNVJ adalah semoga kegiatan ini memberikan hasil yang positif dan bermanfaat bagi mitra. Selaku mitra, Jamal SSFarm memberikan tanggapan yang positif terhadap kegiatan pengmas tersebut dan harapan dari mitra kegiatan pengmas tersebut dapat menjadi kegiatan yang berkelanjutan, khususnya dalam menjalin kerjasama antara Fakultas Teknik UPNVJ dengan mitra. (rd)

 

Editor : Pebri Mulya