RTLH di depok
CEK : Verifikasi RTLH di wilayah Kelurahan Cisalak beberapa waktu lalu.

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Sebanyak 1.744 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) akan mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Ribuan rumah tersebut merupakan usulan masyarakat pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2020.

Kabid Perumahan, Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok, Reflianto mengatakan, menurut rekapitulasi DI DPA, total pengajuan RTLH Kota Depok mencapai 1.843 rumag. 

“Kami dari tim verifikasi kelurahan sampai kota terus melakukan peninjauan. Setelah disahkan, total yang layak mendapatkan stimulus RTLH sebanyak 1.747 unit,” ujarnya kepada Radar Depok, Rabu (22/09). 

Jumlah tersebut ternyata masih terus menyusut karena beberapa faktor. Diantaranya rumah yang didaftarkan sudah dijual, telah mendapat bantuan dari program lainnya, sudah diperbaiki, dan lain-lain. 

“Sekarang jadi 1.744 unit dari 11 kecamatan dan 63 kelurahan, paling banyak di Kecamatan Sukmajaya mencapai 358 unit serta paling sedikit di Kecamatan Cinere satu unit,” bebernya. 

Refli menyebut, bantuan perbaikan RTLH ini berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Depok. Setiap penerima manfaat mendapatkan dana perbaikan sebesar Rp 23 juta, yang meliputi biaya material Rp 20 juta dan upah bangunan Rp3 juta. 

Meski begitu, pengerjaan perbaikan RTLH baru dilakukan pada satu kecamatan saja, yakni Kecamatan Cinere. Hal tersebut disebabkan Rancangan Anggaran Biaya (RAB) belum disahkan. 

“Perbaikan meliputi atap, lantai, dinding, dan sanitasi. Insyaallah Oktober atau November 2021 sudah bisa dimulai seluruhnya, saat ini yang dalam proses perbaikan itu di Cinere,” tandasnya. (rd/daf)

 

Jurnalis : Daff Syaifullah

Editor : Pebri Mulya