RADARDEPOK.COM – Dosen dan Mahasiswa FKIP Universitas Pakuan (Unpak) melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) pada tanggal 28 Agustus  – 19 September 2021 di Desa Parakan Kecamatan Ciomas   Kabupaten Bogor,

Tema yang diusung dalam kegiatan tersebut, yakni ‘Pendampingan Belajar Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid -19 Melalui Pengenalan Aplikasi Kipin School 4.0’.

Ketua PKM tersebut, Nur Hikmah, M. Pd., Kons mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi terlebih dahulu dengan Kepala Desa Parakan, Itoh Masioth dan Ketua PKK yang juga Pemilik PAUD Dahlia, Holisoh.

“Kepala Desa merespos dengan baik, karena dengan diadakannya kegiatan ini, sangat membatu anak-anak di Desa Parakan  terutama bagi orang tua,” ucapnya.

Nur menjelaskan, yang menjadi sasaran untuk pendampingan belajar adalah siswa SD yang berada di Desa Parakan. Teknisnya, waktu kegiatan dibagi-bagi dan setiap pendampingan jumlah pesertanya dibatasi. PKM berlangsung selama satu bulan, dengan kolaborasi dosen dan mahasiswa secara bergantian untuk melaksanakan pendampingan.

Lalu pada saat penutupan kegiatan PKM yang dilaksanakan pada 19 September 2021, dihadiri Ketua PKK, Holisoh dan Guru SD Parakan, Ajeng.

pengmas unpak 3
Saat melaksanakan pendampingan dengan pesera didik.

Holisoh memberikan apresiasi kepada dosen dan mahasiswa dari FKIP Unpak yang telah menjadikan Desa Parakan sebagai lokasi kegiatan PKM. Karena, bisa mendapatkan ilmu pengetahuan yang baru dan semoga saja bisa berguna untuk memajukan pendidikan di Desa Parakan.

“Ini (PKM) menjadi hal yang berguna di Desa Parakan, karena bisa dirasakan manfaatnya oleh guru dan juga siswa, bahkan orang tua,” tuturnya.

Dalam acara penutupan ini juga dari dosen dan mahasiswa memberi cinderamata sebagai rasa ucapan terimakasih, karena telah bekerja sama, ikut membatu dalam terlaksananya kegiatan ini dengan lancar.  (rd)

 

Jurnalis/Editor : Pebri Mulya