situ tujuh muara kembali dibersihkan
KERJA BAKTI : Pokdarwis Kelurahan Bojongsari bersama warga sedang mengangkat gulma dari Situ Tujuh Muara. INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

Pokdarwis Kelurahan Bojongasari, Kecamatan Bojongsari, menunjukkan kegigihan mereka dalam merawat Situ Tujuh Muara. Tidak hanya berpangku tangan kepada pemerintah, mereka turun tangan untuk membersihkan situ.

Laporan : Indra Abertnego Siregar

RADARDEPOK.COM, Minggu (5/9) pagi, Pokdarwis Kelurahan Bojongsari, bersama warga setempat berkumpul di sebuah warung di tepi Situ Tujuh Muara, bernama Warung Pojok. Kehadiran mereka untuk mempersiapkan diri membersihkan apu-apu yang menjadi gulma di situ kebanggaan warga Bojongsari tersebut.

Kami lagi mau persiapan membersihkan gulma Situ Tujuh Muara,” kata Sekretaris Pokdarwis Kelurahan Bojongsari, Daud Sulaiman.

Setelah semua persiapan selesai, mereka langsung terjung ke situ dengan beberapa alat kait yang dibuat dengan bambu panjang. Dengan gigih mereka mengangkati gulma yang jumlahnya sangat banyak tersebut.

Kegiatan ini sudah berapa kali kami lakukan, tapi memang pertumbuhan gulma apu-apu ini sangat cepat, sehingga harus buru-buru diberantas,” tuturnya.

Dalam pantauan Radar Depok, tidak jauh dari lokasi Pokdarwis Kelurahan Bojongsari kerja bakti, ada sebuah alat berat excavator amfibi yang juga sedang melakukan pengerukan dasar Situ Tujuh Muara dan juga pengangkatan gulma di sana. akan tetapi, mereka terus melakukan pembersihan secara manual.

Kita gak mau hanya mengandalkan pemerintah, sebagai warga kita juga sadar bahwa menjaga situ ini merupakan tanggung jawab kita bersama,” bebernya.

Ternyata ada mimpi besar dibalik kegigihan mereka dalam membersihkan Situ Tujuh Muara. Dalam waktu dekat, situ tersebut akan dijadikan lokasi agrowisata sehingga bisa menjadi salah satu destinasi wisata utama di Depok.

Kami berharap dalam waktu dekat agrowisata di Situ Tujuh Muara bisa segera terwujud, karena dengan adanya agrowisata ini ekonomi masyarakat di sekitar situ akan meningkat,” pungkasnya. (*)

Editor : Junior Williandro