Porpemkot
Ilustrasi

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pemerintah Kota Depok membuka kesempatan bagi para ASN maupun non-ASN organisasi perangkat daerah (OPD) untuk mengikuti ajang tahunan Pekan Olahraga Pemerintah Kota (Porpemkot) 2021. Rencananya, penyelenggaraan kompetisi itu digelar pada 12-15 Oktober mendatang.

Sekretaris Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok, Eko Herwiyanto mengatakan, kompetisi tersebut akan melibatkan organisasi perangkat daerah dan instansi vertikal di Kota Depok. Pihaknya sudah membuka pendaftaran mulai 27 September sampai 5 Oktober 2021.

“Porpemkot ini adalah agenda tahunan event olahraga antar Perangkat Daerah (PD), pesertanya para pegawai. Kalau tahun lalu puncaknya Covid-19, kami tidak menyelenggarakan,” ujarnya kepada Radar Depok, Rabu (29/9).

Pendaftaran dapat dilakukan langsung dengan mendatangi Kantor Disporyata Kota Depok Gedung Dibaleka II lantai 9 maupun melalui online di grup Whatsapp. Untuk persyaratan pendaftaran, peserta harus melampirkan fotokopi SK PNS atau CPNS bagi pegawai, sedangkan non PNS atau kontrak melampirkan SK kontrak dinas. Kemudian, melampirkan surat tugas kolektif dari dinas terkait.

Eko menyebut, terdapat enam cabang olahraga (cabor) perorangan maupun beregu yang dipertandingkan pada Porpemkot kali ini, yaitu tenis meja, biliar, catur, basket 3 on 3, bulu tangkis, dan mini soccer. Untuk cabang perorangan hanya boleh diikuti oleh ASN.

“Kalau cabang beregu boleh mengikutsertakan non-PNS di instansi masing-masing maksimal 2 orang. Untuk lokasi pertandingan di Pemkot,” bebernya.

Terkait penyelenggaraan yang masih dalam situasi pandemi Covid-19. Eko mengaku, sudah merancang kebijakan protokol kesehatan (prokes) sedemikian rupa, misalnya pada seremonial pembukaan akan digelar secara hybrid dan dibatasi.

“Yang hadir di pembukaan sangat terbatas, selebihnya perangkat daerah lain mengikuti lewat online. Kemudian di pertandingan sendiri, kebetulan yang kita pertandingkan adalah cabang-cabang yang kita maksimalkan prokesnya,” tuturnya.

Eko berharap, terselenggaranya kegiatan ini dapat memunculkan potensi atlet baru di Kota Depok. Peserta yang memenangkan ajang tingkat kota nantinya akan akan diikutsertakan dalam Pekan Olahraga Pemerintah Daerah (Porpemda) tingkat Provinsi Jawa Barat.

Kami ingatkan agar dapat teribat dalam kegiatan tersebut, demi memajukan bidang olahraga di Kota Depok,” tandasnya. (rd/daf)

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Junior Williandro