Ketua DPP PPP, Andi Surya Wijaya Ghalib. FOTO: RICKY/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) telah meneken Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren. Karenanya DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menginstruksikan fraksi di DPRD provinsi dan kabupaten/kota untuk mengawal Perpres tersebut hingga menjadi Peraturan Daera(Perda).

Hal tersebut diungkapkan Ketua Bidang Hukum dan Advokasi DPP PPP, Andi Surya Wijaya Ghalib saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Kantor Sekretariat DPC PPP Kota Depok, Jalan Sawangan Permai No. 16, Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, Minggu (19/09).

“Tinggal diperkuat dengan sistem, kami di DPP hari ini sudah menginstruksikan fraksi-fraksi di  tingkat provinsi dan kabupaten/kota untuk mengawal ini sampai ke tingkat daerah,” kata Andi kepada Radar Depok.

Diketahui, Perpres Nomor 82 Tahun 2021 yang diteken Jokowi pada 2 September 2021 tersebut, mengatur tentang dana abadi pesantren, yaitu dana yang dialokasikan khusus untuk pesantren dan bersifat abadi untuk menjamin keberlangsungan pengembangan pendidikan pesantren yang bersumber dan merupakan bagian dari dana abadi pendidikan.

Jadi, sambung anak dari mantan Jaksa Agung RI, Letnan Jenderal (Pur) TNI Andi Muhammad Ghalib ini mengungkapkan, output atau produk dari situ adalah Perda  di daerah masing-masing untuk mekanisme pelaksanaannya di tingkat daerah.

“Kan untuk pelaksanannya di daerah harus diperkuat aturannya hingga ke bawah sampai terbitnya Perda, itu penting,” katanya.

Sebab, lanjut Andi, dengan adanya Perpres hingga turunnya berupa Perda yang mengatur tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren, tidak hanya membantu operasional pesantren, namun jika ditarik lebih luas lagi, dapat membangun generasi bangsa yang berakhlakul karimah.

“Pesantren pendidikannya berbasis agama, jika pesantren diperkuat, maka outputnya pun akan baik, dengan menciptakan generasi-generasi yang tidak hanya pintar, tetapi juga berakhlak mulia,” ucap Andi.

HADIR : Ketua Bidang Hukum dan Advokasi DPP PPP, Andi Surya Wijaya Ghalib didampingi Ketua DPC PPP Kota Depok, Qonita Lutfiyah, Ketua OKK DPC PPP Kota Depok, Mazhab HM saat menyambut kedatangan Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono saat vaksinasi di Kantor Sekretariat DPC PPP Kota Depok, Jalan Sawangan Permai No. 16, Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, Minggu (19/09). FOTO : RICKY/RADAR DEPOK

Terkait vaksinasi, Ketua DPC PPP Kota Depok, Qonita Lutfiyah, pada tahap ini, pihaknya mengadakan selama tiga hari, pada hari pertama di kediaman Ketua OKK DPC PPP Kota Depok, Mazhab HM, sedangkan hari kedua dan ketiga di DPC PPP Kota Depok.

“Totalnya sampai 2.000 dosis vaksin. Alhamdulillah, kami bisa berkontribusi membantu pemerintah menanggulangi Covid-19, khususnya untuk akselerasi vaksinasi ke masyarakat,” ucap Qonita.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada Andi Surya Wijaya Ghalib, Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono dan seluruh kader yang hadir pada agenda vaksinasi tersebut.

“Juga kepada seluruh tenaga medis dan aparat keamanan. Semoga kita bisa segera mewujudkan herd immunity di Kota Depok, “ pungkas Qonita. (cky)

 

Editor : Ricky Juliansyah