VAKSINASI : Ketua DPP PPP, Andi Surya Wijaya Ghalib, bersama Ketua DPC PPP Kota Depok, Qonita Lutfiyah dan jajaran pengurus DPC serta PAC PPP Kota Depok saat vaksinasi di DPC PPP Kota Depok, di Kecamatan Sawangan. FOTO : RICKY/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM. DEPOK – Ketua DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Depok, Qonita Lutfiyah prihatin atas bencana puting beliung yang melanda Kota Depok, Selasa (21/09) sore. Ia pun menyerukan seluruh warga Depok untuk bahu membahu membantu korban, khususnya mereka yang kurang mampu.

“Astagfirullahaladzim, baru saja kita mendapatkan musibah, yakni puting beliung yang menerjang Kota Depok,” kata Qonita kepada Radar Depok, Rabu (22/09).

Bencana tersebut, sambung putri ulama karismatik, K.H Syukron Mamun ini merupakan sebuah ujian bagi warga Depok, dalam arti Allah menguji kesabaran, keikhilasan dan perjuangan seseorang yang tertimpa bencana, juga menguji kesetiakawanan sosial warga Depok tidak terdampak bencana untuk membantu korban.

“Kita hidup di dunia tentu tidak lepas dari ujian Allah SWT, diuji ketika diberi nikmat berlimpah, dan diuji ketika sedang kekurangan. Nah, ujian ini harus kita lalui bersama agar sesuai dengan Ridha Allah SWT,” ujarnya.

Untuk itu, Qonita yang juga Anggota DPRD Kota Depok ini menyerukan seluruh warga Depok untuk bahu membahu membantu korban terdampak puting beliung. Bantuan sendiri, kata dia, tidak hanya dalam bentuk materi, tapi bisa juga berupa tenaga dan motivasi.

“Jika ada tetangga kita yang atapnya terbawa angin puting beliung, bisa kita bantu tenaga untuk memperbaiki rumahnya. Mengungsikan tetangga ke rumah kita selama perbaikan dan sebagainya. Memang tidak seberapa, tapi hal itu akan memotivasi dan meringankan penderitaan korban,” terang Qonita.

Hal tersebut, kata Qonita, sangat dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat. terlebih, saat ini masih berlangsung pandemi Covid-19.

“Hidup akan lebih indah, bermakna dan ringan jika kita bergotongroyong, dan saling membantu,” papar Qonita.

Ia meyakini Pemkot Depok tidak tinggal diam dan akan berupaya semaksimal mungkin dalam menanggulangi bencana puting beliung Selasa (21/09) sore, baik mendata korban hingga menyalurkan bantuan kepada warga terdampak bencana.

“Insha Allah, kami dari PPP Kota Depok akan bergerak untuk membantu saudara-saudara kita, sesama warga Depok yang terdampak bencana puting beliung. Kami pun akan membantu sesuai dengan kemampuan dan kapasitas yang kami miliki,” tegas Qonita.

Qonita menambahkan, menghadapi cuaca ekstrem warga perlu melakukan upaya antisipasi, seperti memangkas pohon yang dahannya dirasa membahayakan, juga bergotongroyong menormalisasi saluran air di lingkungan.

“Memang di Depok bukan daerah rawan banjir. Tapi, jika saluran airnya tidak berfungsi maksimal, akan menimbulkan genangan yang nantinya akan merugikan kita di lingkungan,” pungkas Qonita. (cky)

 

Editor : Ricky Juliansyah