karaba bikin kebon
DIRESMIKAN : Manajemen PT Karabha, Yenny Tanudjaja bersama Camat Tapos, Abdul Mutholib dan Lurah Tapos Soleh, bersama pengurus RW 9 Kelurahan Tapos, berfoto bersama di depan Kebun Jardin Corazon de Sierra. 

RADARDEPOK.COM, TAPOS – Warga RW 9, Kelurahan/Kecamatan Tapos kini memiliki sebuah kebun pertanian mandiri yang didirikan di pekarangan rumah warga di sana. Kebun tersebut diberinama Jardin Corazon de Sierra. 

Kebun ini merupakan hasil dari program CSR PT Karabha Digdaya untuk warga RW 9 Kelurahan Tapos, dalam bentuk pembinaan dan pemberian bantuan bibit tanaman. 

General Manager Emeralda Golf Club, Yenny Tanudjaja mengatakan, pembentukan kebun ini memang dibuat untuk memajukan perekonomian warga di sekitar lahan milik PT Karabha Digdaya sebagai bentuk kepedulian mereka kepada lingkungan. 

“Ini memang komitmen kita sebagai manajemen PT Karabha Digdaya untuk membantu menyejahterakan warga di sekitar perusahaan,” kata Yenny di sela kegiatan peresmian kebun tersebut, Selasa (22/09). 

Dia mengungkapkan, saat ini sudah banyak warga yang mendapatkah dukungan kegiatan pelatihan dan dukungan materil untuk warga dalam menjalankan setiap program bantuan seperti bank sampah, dan kelompok tani. 

“Selain melakukan penyerapan tenaga kerja dari warga sekitar perusahaan, kami juga berkomitmen untuk memakmurkan perekonomian warga di sana lewat program – program yang kami bentuk,” tuturnya. 

Dia menjelaskan, untuk pembuatan kebun ini, pihaknya menghadirkan tenaga penyuluh pertanian yang profesional agar nantinya pengrlola kebun yang dilakukan PKK RW 9 bersama warganya, bisa berjalan dengan baik dan menghasilkan sumber tanaman sayuran yang berkualitas. 

“Selain memberikan bantuan bibit tanaman sayur mayur, kami juga mendatangkan ahli landaecape kami untuk menata kebun ini agar estetik dan penggunaaan lahan yang hanya 200 meter persegi ini bisa dioptimalkan,” bebernya. 

Tidak sampai di situ, lanjutnya, Pihaknya juga akan mensuport hasil pertanian di kebun tersebut agar mendapatkan pasar. 

“Kami optimis jika perkebunan ini dijalankan dengan baik dan hasil sayuran yang dipanen banyak, akan kami beli untuk keperluan restoran kami,” ucapnya. 

Di tempat yang sama, Camat Tapos, Abdul Mutolib mengapresiasi peresmian kebun sayuran di lingkungan RW 9 Kelurahan Tapos yang menjadi binaan PT Karabha. Menurutnya kehadiran kebun tersebut menjadi angin segar untuk peningkatan ekonomi dan kesejahteraan warga di sana. 

“Saya merasa program ini cukup baik dan bagus. Bisa dikatakan ini sangat kreatif dan inovatif,” bebernya. 

Dia berharap, kehadiran PT Karabha bisa membawa dampak yang lebih luas dalam membantu Pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan warga. 

“Program seperti ini memang yang kita harapkan. Semoga akan hadir Karabha Karabha lain yang mau membantu perekonomian dan ketahanan pangan warga di Kecamatan Tapos, agar warga semakin sejahtera,” imbuhnya. 

Sementara itu, Lurah Tapos, Soleh mengapresiasi PT Karabha dan warganya yang sudah membuat perkebunan sayur ini. Dia berharap kesejahteraan warganya terus meningkat seiring berjalannya program tersebut. 

“Alhamdulillah ini sudah RW ke dua di Tapos yang mendapat pembinaan dari PT Karabha di kelurahan kami. Semoga kedepannya RW – RW lain juga bisa dibantu untuk berkembang,” pungkasnya. (rd/dra)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Pebri Mulya