pengmas PNJ tanah baru
Prodi Teknik Multimedia dan Jaringan , Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) meresmikan pengadaan Internet Gratis di likungan Kantor Kelurahan Tanah Baru.

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Kelurahan Tanah Baru bekerjasama dengan Prodi Teknik Multimedia dan Jaringan, Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) meresmikan pengadaan Internet Gratis di likungan Kantor Kelurahan Tanah Baru yang nantinya akan bisa digunakan para pelaku UMKM dan pelajar sekitar dengan Bandwidth sebesar 100mbps  melalui program pengabdian kepada masyarakat, Senin (20/09).

Ketua Prodi Teknik Multimedia Jaringan, Deffiana Renaldi mengatakan, dalam masa pandemi virus Korona (Covid-19), banyak aktivitas di luar yang harus dikurangi. Berdasarkan data dari Pemerintah Kota (Pemkot) Depok pada tanggal 11 April 2021, jumlah pasien terkonfirmasi positif sebanyak 43.788 orang.

“Pemerintah pusat pun memberlakukan pembatasan pembukaan pusat perbelanjaan, sehingga hal ini juga bedampak dalam produktifitas pihak UMKM. Dimana,  mereka harus beradaptasi dengan sistem penjualan online yang semakin berkembang di masa pandemi,” ucapnya.

Deffiana menuturkan, tentunya dalam skema daring, dibutuhkan penerapan teknologi yang mencukupi seperti konektivitas jaringan internet, perangkat komunikasi, dan pengetahuan. Banyak sekali kendala yang dialami beberapa  pengguna internet.

Dalam rangka mendukung kegiatan masyarakat secara daring seperti UMKM, proses belajar, bekerja, dan lain-lain maka Prodi Teknik Multimedia Jaringan (TMJ) memberikan solusi. Prodi TMJ dalam hal ini melalui program pengabdian kepada masyarakat (Pengmas), menyasar kepada masyarakat Kelurahan Tanah Baru, agar dapat menggunakan internet secara gratis.

“Mitra dalam hal ini Kelurahan Tanah Baru, Depok berkomitmen untuk dapat terus menekan angka penyebaran Covid-19 dilingkungannya,” jelasnya.

Mereka masih membutuhkan kegiatan diluar rumah, agar kegiatan pendidikan dan perekonomian sebagian masyarakat tetap terjaga. Oleh karena itu akses internet gratis ini sangat penting untuk diadakan. (rd)

 

Jurnalis/Editor : Pebri Mulya