vaksinasi pelajar depok
PELAJAR DIVAKSIN: Pemberian vaksinasi kepada pelajar di Kantor Kecamatan Sukmajaya, Senin (1/9). DAFFA SYAIFULLAH/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Percepatan vaksinasi di Kota Depok terus digeber, terutama dengan sasaran para guru dan remaja usia sekolah. Itu dilakukan agar target rencana Pembelajaran Tatap Muka (PTM) bisa segera dimulai Oktober mendatang.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Novarita mengaku, berdasarkan data hingga Kamis (2/9), sudah ada 123.364 remaja yang divaksin. Artinya baru 10,37 persen vaksinasi dosis pertama.

“Sedangkan dosis kedua baru 14.271 sasaran, yaitu sekitar 5,98 persen. Kami tidak mendata secara spesifik untuk pelajar, tetapi secara general bagi usia remaja 12 hingga 17 tahun,” ucap Novarita kepada Radar Depok.

Begitu pula dengan guru dan tenaga pendidik. Novarita menyebutkan, dalam data yang dihimpun semua terangkum petugas publik, dan tidak dibuat secara spesifik.

“Guru dan tenaga pendidik masuk dalam kategori petugas publik, saat ini untuk dosis satu suda 239.723 sasaran atau 270.01 persen,” terangnya.

Sedangkan untuk dosis keduanya, baru 157.451 atau 177.34 persen seluruh petugas publik. Dirinya menyebut, pelaksanaan PTM di Kota Depok bisa saja dilakukan jika memenuhi dua hal.

“Pertama, capaian vaksin di September ini terus meningkat. Kedua, kasus Covid-19 terus terjadi penurunan, maka PTM bisa dilakukan,”  tegas Novarita.

Sementara itu, Direktur Umum dan Operasional RSUI, Hermawan menuturkan, untuk seluruh kategori yang mengikuti vaksin di RSUI sudah banyak.

“Sejauh ini kurang lebih 90.000 yang sudah divaksinasi. Tetapi, kami juga belum memiliki data secara rinci untuk tiap kategorinya,” ucapnya singkat. (rd/tul)

 

Jurnalis: Lutviatul Fauziah

Editor: M. Agung HR