katar ternak lele
BUDIDAYA LELE : Budidaya Ikan lele yang dikembangkan Karang Taruna RW10 Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya.

RADARDEPOK.COM, ABADIJAYA – Karang Taruna (Katar) RW10 Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya membudidaya ikan lele. Saat ini sudah tersedia 6 kolam. Satu diantara 6 kolam tersebut berisikan 3.000 ekor lele. Sampai sekarang ini, usaha yang dijalankan meraup hasil Rp3juta dalam satu kali panen.

Ketua Katar RW10 Abadijaya, Adien Ismail mengatakan, dengan adanya usaha ternak lele pihaknya ingin membantu warga nya yang dirumahkan di pandemi virus Korona (Covid-19). 

“Kita sedang melakukan pemijahan lele ini sudah yang ke empat kalinya, kemarin tiga kali melakukan alhamdulillah sudah panen semua. Karena kita aktif melakukan ternak lele sejak awal pandemi, dan hasilnya lumayan bisa buat jajan teman-teman yang dirumahkan di lingkungan kami,” ujarnya kepada Radar Depok, Selasa (14/09).

Dirinya mengungkapkan, terdapat enam kolam lele saat ini dimana satu diantaranya berisi 3.000 ekor lele, sisa kolam diisi dengan bibit lele dengan ukuran mulai 3 cm sampai dengan 10 cm serta kolam pemijahan untuk perkawinan lele.

“Sekarang ada enam kolam, yang satu kolam besar untuk pembesaran lele konsumsi isi 3.000 ekor, yang empat untuk kolam bibit ukuran mulai ukuran 3 cm sampai 10 cm. sisanya kolam pemijahan untuk perkawinan lele indukan,” ungkapnya.

Adien yang juga Ketua Kelompok Tani di RW10 Abadijaya menuturkan, menjual lele konsumsi dengan harga Rp22 ribu perkilonya dan bibit lele turut dijual, namun harga tergantung pada masing-masing ukuran yang dimiliki pada bibit lele.

“Bibit lele Kalau ukuran 3-4cm dijual dengan harga Rp300/ekor, ukuran 5-6cm Rp400/ekor, dan 9-10cm Rp500/ekor,” tandasnya (rd/cr1)

 

Jurnalis : Ivanna Yustiani

Editor : Pebri Mulya