bank sampah lagi di curug
RESMIKAN : Pembentukan dan peresmian Bank Sampah di RW 3 Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis.

RADARDEPOK.COM, CURUG – Bank Sampah di RW 3 Kelurahan Curug  Kecamatan Cimanggis di resmikan. Peresmian ini dilakukan di Masjid Jami Ar-Ricky. Dengan begitu, kini Kelurahan Curug sudah memiliki 10 bank sampah.

Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono yang hadir pada kesempatan tersebut, mengatakan masyarakat harus memiliki pola pikir sampah dapat menjadi berkah untuk semua orang.

“Artinya dengan memilah sampah dari rumah, dapat menekan jumlah sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung,” ucapnya.

Imam menjelaskan, dalam sehari sampah yang masuk ke TPA Cipayung berkisar 1.000 ton, dan 60 persen organik, dan 40 persen anorganik.

“Sampah organik dapat dipilah menjadi pupuk, dan non organik didaur ulang menjadi barang yang memiliki nilai guna,” terangnya.

Sementara, Pengurus Komunitas Bank Sampah Curug, Pipim mengatakan, sebelumnya sudah ada sembilan bank sampah di Kelurahan Curug.

“Dan kini bertambah satu menjadi 10 bank sampah yang ada di Kelurahan Curug,” jelasnya.

Tidak hanya peresmian dan pembentukan pengurus, dalam kesempatan ini dilakukan pula sosialisasi pemilahan sampah organik dan non organik.

Di tempat yang sama, Lurah Curug Raden Herdandy S mengatakan, masyarakat di wilayahnya kini sudah mulai peduli terhadap lingkungan, dengan cara memilah sampah.

“Semoga kedepannya, seluruh RW di Curug bisa membentuk bank sampah. Sehingga, dapat menanggulangi sampah yang ada,” ujarnya.

Nantinya, para anggota juga diberikan pelatihan, baik untuk memilah sampah hingga menjadikan sampah lebih bernilai.

“Seperti untuk kompos ataupun sampah-sampah plastik yang bida dijadikan barang-barang bermanfaat,” tandasnya. (rd/tul)

 

Jurnalis : Lutviatul Fauziah

Editor : Pebri Mulya