RW 10 tugu bebas korona
PENANGANAN COVID-19 : Pemuda Peduli Lingkungan RW 10 Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis adakan penyemprotan disinfektan di lingkungannya

RADARDEPOK.COM, TUGU – RW 10 Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis sempat menorehkan rekor hingga 432 kasus virus Korona (Covid-19). Namun, dengan kerjasama yang baik antara semua stakeholder, kini lingkungannya sudah terbebas dari kasus positif Covid-19.

Ketua RW 10, Wagiman mengatakan, di lingkungannya pernah mengalami kasus yang cukup tinggi, dan dalam waktu sekira 17 hari di lingkungannya sudah nol kasus Covid-19.

“Tertinggi pada Juli 2021 sebanyak 432 kasus dari hasil pemeriksaan. Data tersebut, dicacat bagi seluruh pasien yang berdomisili di RW 10, kami tidak menghiraukan warga KTP disini atau bukan, semua kami urus dengan adil,” ucapnya kepada Radar Depok, Rabu (15/09).

Wagiman menyebut, pada akhir Juli kasus sudah menurun, dan hanya dibawah 50. Selanjutnya, pertengahan Agustus sekitar 25 kasus dan akhir Agustus bisa mencapai nol kasus.

“Alhamdulillah, kami sangat bersyukur dengan capaian ini, karena hasil kerja kerasa bersama. Kami bergerak menangani Covid-19 melalui Satgas KTJS, Ketua RT, Pemuda Peduli Lingkungan RW. 10 dan PKK,” terangnya.

Dia menjelaskan, Ketua Pemuda Peduli Lingkungan RW 10 Gatot Suwignyo, juga turut membantu penanganan Covid-19 di lingkungan. Seluruhnya turun langsung, untuk melakukan penyemprotan disinfektan, kerja bakti lingkungan, fogging mencegah DBD, menyediakan lumbung oksigen, pembagian masker, membagikan makanan dari dapur umum dan edukasi ke masyarakat.

Pihak lingkungan juga membuka dapur umum saat kasus sedang tinggi. Yang setiap harinya memproduksi ratusan paket makanan untuk dibagikan kepada masyarakat yang Isolasi Mandiri (Isoman). Bahkan, disediakan pula rumah isolasi jika rumah pasien tidak memungkinkan untuk menjalani Isoman.

Saat ini, lingkungan RW 10 sedang intens melaksanakan vaksinasi baik secara mandiri atau bekerjasama dengan Polri dan Puskesmas Tugu.

“Dengan target warga tervaksin 75 persen pada akhir September 2021. Semoga ini dapat kami wujudkan bersama, dan masyarakat di RW 10 senantiasa dalam keadaan sehat, serta tidak ada lagi ditemukan kasus Covid-19,” tandasnya. (rd/tul)

 

Jurnalis : Lutviatul Fauziah

Editor : Pebri Mulya