BNNK Depok
CEGAH NARKOTIKA: Kepala BNNK Depok AKBP M. Rusli Lubis bersama jajaran saat memberikan penyuluhan kepada keluarga pecandu narkotika untuk melakukan pencegahan. FOTO: BNN FOR RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – BNNK Depok terus berinovasi dalam mengantisipasi penyalahgunaan narkoba. Kali ini, pihak keluarga pecandu digandeng membantu pencegahan penyebaran peredaran narkoba di Kota Depok.

Kepala BNNK Depok, AKBP M. Rusli Lubis menerangkan bahwa melihat potensi besar bila keluarga diikutsertakan dalam melakukan pencegahan penyalahgunaan narkotika, agar permasalah secara berangsur dapat teratasi.

“Pemulihan seorang pecandu narkoba merupakan usaha seumur hidup, keberhasilan untuk dapat lepas dari narkoba salah satunya adalah dukungan dari keluarga atau orangtua pecandu narkoba” tegasnya.

Inovasi ini dikemas dalam ujicoba Aplikasi Lindungi Keluarga (SILIGA) yang diikuti lima keluarga mantan pecandu narkoba, serta lima orang Agen Pemulihan. Dengan aplikasi ini, keluarga mantan pecandu narkoba dapat berperan serta dengan cara memberikan pemantauan secara berkala, serta melaporkan apabila pecandu tersebut membutuhkan penanganan oleh BNN.

“Tak hanya keluarga, masyarakat juga bisa berperan aktif. Silakan laporkan bila tahu ada pecandu di sekitarnya,” tuturnya.

Dalam Siliga, kata Rusli ada juga menu informasi edukasi yang dapat diakses oleh masyarakat, dimana menu tersebut berisikan informasi mengenai narkoba, jenis dan dampaknya serta upaya menguatkan keluarga agar bersih dari narkoba.

Aplikasi Siliga merupakan Proyek Perubahan yang digagas langsung Kepala BNNK Depok dalam Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II. Dan sangat mendapat dukungan dari Pemerinrah Kota Depok, baik Walikota Depok, Wakil Walikota Depok, Ketua DPRD Kota Depok, Kesbangpol Kota Depok, Diskominfo Kota Depok dan DPAPMK Kota Depok.

“Saya berharap ini sangat bermanfaat untuk masyarakat, agar pencegahan dapat maksimal dilakukan,” paparnya.

Perlu diketahui, dalam menjalankan ini, BNNK Depok menggandeng Diskominfo agar aplikasi tersebut dapat terkoneksi dalam Depok Single Window (DSW) sehingga memudahkan masyarakat mengakses aplikasi tersebut. Lalu, berkolaborasi dengan DPAPMK untjk memberikan edukasi melalui konten yang akan diunggah ke dalam aplikasi Siliga. (rd/arn)

 

Jurnalis: Arnet Kelmanutu

Editor: M. Agung HR