pemberian vitamin a
SEHAT: Kader Posyandu Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis tengah memberikan Vitamin A kepada anak Balita beberapa waktu lalu. LULU/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok melalui instansi pelayanan kesehatan masih terus gencar diberikan untuk memenuhi target 100 persen.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Zakiah mengatakan, pemberian vitamin A kepada anak bertujuan untuk menjaga kesehatan mata dan kekebalan tubuhnya. Disamping itu, anak yang mendapatkan cukup vitamin A akan lebih kebal jika terkena diare, campak atau penyakit infeksi lainnya.

Dikatakannya, selain balita adapula ibu nifas atau masa pemulihan paska persalinan, turut diberikan vitamin A untuk mencegah anemia.

“Adapun vitamin A juga bisa mencegah rabun senja, xeroftalmia, kerusakan kornea dan kebutaan serta mencegah anemia pada ibu nifas,” ujarnya kepada Radar Depok, Kamis (30/9).

Menurutnya, untuk pemberian vitamin A bagi anak usia 6-11 dosisnya 100.000 IU dengan tanda warna biru. Sedangkan, pemberian vitamin A bagi anak usia 12-59 bulan atau 1-5 tahun dosisnya 200.000 IU dengan tanda warna merah.

Ada dua jenis dosis dengan dua tanda yaitu merah dan biru. Jadi pemberian vitamin A harus sesuai dengan usia anak. Vitamin A/retinol terlibat dalam pembentukan, produksi, dan pertumbuhan sel darah merah, sel limfosit, antibodi juga integritas sel epitel pelapis tubuh,” bebernya.

Sampai saat ini, lanjut Zakiah, pemberian vitamin A untuk anak-anak masih terus digencarkan. Tercatat pada anak 6-11 bulan dari target 13.214 anak, cakupannya baru mencapai 97,68 persen atau 12.907. Sementara, pada anak 12-59 bulan atau 1-5 tahun, dari sasaran 110.749 anak, sudah mencapai 98,2 persen atau 108.716 anak.

“Data tersebut masih belum final. Akan terus dilakukan sweeping hingga saat ini, kami kejar sampai 100 persen,” tuturnya.

Zakiah mengungkapkan, di tengah pandemi Covid-19, pihaknya ingin anak tetap dalam keadaan sehat dan tumbuh dengan baik. Pemberian suplementasi vitamin adalah salah satu cara untuk tetap menjaga anak sehat.

Dia mengingatkan kepada seluruh kader Posyandu untuk tetap menerapkan protokol kesehatan saat pemberian vitamin A. Mengingat, vitamin A diberikan bersamaan dengan pelaksanaan Posyandu di masa pandemi Covid-19.

Baik kader maupun warga diharapkan untuk menjaga jarak dan tetap menggunakan masker saat datang ke Posyandu,” tandasnya. (rd/daf)

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Junior Williandro