vaksin hewan
PEDULI: Dokter Hewan dari DKP3 memberikab vaksinasi rabies gratis di wilayah Kelurahan Sukatani, Selasa (28/09). FOTO : DAFFA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Depok melaksanakan program vaksinasi rabies gratis selama tiga hari mulai 27 – 29 September 2021.

Kepala DKP3 Kota Depok, Widyati Riyandani mengatakan, vaksin rabies gratis ini dilakukan di Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kota Depok 28-29 September,  Kelurahan Sukatani dan Mekarsari 27-28 September, Kelurahan Meruyung dan Cinere 27-28 September, serta Duren Mekar dan Beji Timur 27-28 September.

“Pelaksanaannya serentak di beberapa wilayah Jabodetabek serta wilayah lainnya di Jawa Barat dalam memperingati Hari Rabies Sedunia yang jatuh setiap 28 September. Lokasi kegiatannya nanti bisa menghubungi narahubung setempat,” ujarnya kepada Radar Depok, Selasa (28/09).

Widyati menyebut, terdapat sejumlah persyaratan untuk mendapatkan vaksinasi tersebut, diantaranya pemilik hewan adalah warga Kota Depok, usia hewan minimal empat bulan, hewan dalam kondisi sehat, untuk hewan betina tidak dalam kondisi hamil atau bunting, dan indukan menyusui minimal usia anak satu bulan.

“Jenis hewan yang dapat divaksin adalah kucing, anjing, kera atau monyet dan musang. Hewan tersebut merupakan hewan penular rabies (HPR),” bebernya.

Dikatakannya, penyakit rabies dan antraks merupakan penyakit hewan zoonosis. Yakni penyakit yang dapat menular dari hewan ke manusia, dan sebaliknya, dari manusia ke hewan. Maka dari itu, guna mencegah dan melindungi masyarakat dari penularan penyakit tersebut, pihaknya melaksanakan vaksinasi.

“Vaksinisasi adalah upaya kami untuk mencegah terjadinya kasus di hewan. Yang bertujuan akhir untuk menjaga kesehatan manusia,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, Kota Depok merupakan daerah yang bebas dari penyakit rabies. Namun, pelasanaan vaksinasi harus tetap dilakukan sebagai upaya perlindungan  masyarakat.  (rd/daf)

 

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Pebri Mulya