pelatihan menjahit melati
PELATIHAN : LKP Melati bersama dengan Kelurahan Cisalak mengadakan pelatihan menjahit untuk 15 orang, mulai dari 20 – 22 September 2021.

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Lembaha Kursus dan Pelatihan (LKP) Melati bekerjasama dengan Kelurahan Cisalak, Kecamatan Sukmajaya mengadakan pelatihan menjahit. Dalam kegiatan yang berlangsung 20 – 22 September 2021 tersebut, diikuti 15 orang dari karang taruna (katar).

Pimpinan LKP Melati, Efril Fouriadina mengatakan, selama tiga hari pelatihan ada berbagai materi yang diberikan ke peserta. Diantaranya adalah pengenalan alat, pengenalan mesin jahit, pengenalan cara mengukur badan, pengenalan pola dasar, cara merubah pola, cara memotong bahan, dan cara menjahit.

“Materi yang diberikan sesuai dengan kemampuan dari pesertanya. LKP Melati kalau mengadakan pelatihan, materinya tidak selalu sama, tetapi diadakan penyesuaian untuk peserta. Agar, mereka bisa mendapatkan materi yang bisa dipahami dengan baik,” tuturnya.

Efril menjelaskan, materi yang diberikan juga menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Karena, beberapa alat menjahit terus berkembang, dan tentunya harus ada pembaharuan dalam materi yang disampaikan ke peserta pelatihan.

“Kami (LKP Melati) kerap memberikan pelatihan-pelatihan untuk masyarakat di beberapa kelurahan di Kota Depok,” tuturnya.

pelatihan menjahit melati 2

Efril menjelaskan, dengan memiliki ketrampilan menjahit tentunya membuat seseorang menjadi lebih produktif, seperti membuat usaha secara mandiri. Sehingga, dampaknya tentu akan baik untuk pertumbuhan ekonomi baik secara individu ataupun keluarga.

“Semoga saja dengan memiliki ketrampilan, mereka bisa meningkatkan kualitas dirinya, apalagi bisa memiliki usaha atau bisnis sendiri sampai akhirnya membuka lapangan pekerjaan,” tuturnya. (rd)

 

Jurnalis/Editor : Pebri Mulya