rutan
CEGAH COVID-19 : Plt Karutan Kelas I Depok, Irvan Muayat ketika meninjau keberlangsungan vaksinasi dosis kedua untuk Warga Binaan Pemasyarakata Rutan Kelas I Depok.

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dukung percepatan penanganan dan pencegahan Covid-19, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Depok berikan vaksinasi dosis kedua kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Rabu (06/10).

Saat monitoring, Plt Karutan Kelas I Depok, Irvan Muayat mengatakan, kegiatan itu berjalan dengan aman dan kondusif serta tak luput dari disiplin Protokol Kesehatan yang ketat.

“Vaksinasi ini merupakan tahap kedua yang diberikan Kepada WBP Rutan Kelas I Depok dengan bersinergi bersama Rumah Sakit Bhayangkara Brimob Kelapa Dua Depok,” kata Irvan.

Irvan menyebut, kegiatan tersebut terlaksana di lapangan Utama Rutan Kelas I Depok diikuti 1.218 WBP. Semuanya, diberikan vaksin jenis Astrazeneca.

“Sebelum mendapatkan vaksinasi, para WBP harus melewati beberapa prosedur, yakni Registrasi, Screening, vaksinator dan Observasi. Dari hasil screening yang dilakukan terdapat 1.182 WBP yang dapat divaksinasi,” sebutnya.

Tak hanya itu, beber dia, 10 WBP lengkap Vaksinasi dan 28 WBP tidak masuk kriteria vaksinasi akibat, memiliki beberapa penyakit seperti hipertensi, asma dan jantung.

“Adapun rincian jenis vaksin beserta jumlah WBP yakni, Astrazeneca dosis 1 diterima 2 orang WBP, Astrazeneca dosis 2 diterima 1.086 orang WBP, Pfizer dosis 1 diterima 14 orang WBP, Sinovac dosis 1 diterima 77 orang WBP dan Sinovac dosis 2 diterima 3 orang WBP. Setelah vaksinasi maka WBP akan mendapatkan Kartu Tanda telah melakukan vaksinasi COVID-19 tahap kedua,” papar Irvan.

Dalam kesempatan itu, Irvan menyempatkan, berbincang dengan WBP serta memberikan semangat dan motivasi.

“Memberikan semangat serta motivasi kepada para WBP untuk selalu menerapkan Protokol kesehatan walaupun sudah mendapatkan vaksinasi tahap kedua,” jelasnya.

Untuk itu, dia berpesan, agar WBP maupun petugas Rutan Kelas I Depok untuk tetap menjaga imunitas serta menerapkan protokol kesehatan secara ketat agar terhindar dari Covid-19.

“Tetap jaga imunitas tubuh serta terapkan protokol kesehatan dimanapun dan apapun aktivitas kita. Karena Covid-19 bisa kita cegah dengan memulainya dari diri kita sendiri,” pungkas Irvan. (rd/arn)

Jurnalis : Arnet Kelmanutu

Editor : Junior Williandro