pelatihan debt collector
FOKUS : Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok, Mohammad Fitriawan saat memberikan sambutan pada agenda pendidikan dan pelatihan bagi juru tagih pengurus koperasi, di Gedung Balatkop Kota Depok, Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya. FOTO : DAFFA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok menggelar pendidikan dan pelatihan bagi 25 juru tagih pengurus koperasi atau debt collector dari 4-7 Oktober 2021. Nantinya para peserta tersebut akan dilakukan uji kompetensi oleh Lembaga Sertifikasi dan Profesi Koperasi Jasa Keuangan (LSP KJK). 

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok, Mohammad Fitriawan mengatakan, pihaknya memberikan bimbingan agar bisa melakukan komunikasi kaitan dengan pinjaman secara baik dan benar. 

“Banyak pengurus yang belum memiliki kemampuan dalam berbagai bidang perkoperasian, termasuk dalam hal ini cara menagih dan membukukan hasil tagihan. Maka dari itu, kami menggelar pelatihan, dan pendidikan ini,” ujarnya kepada Radar Depok, Selasa (05/10). 

Dia menyebut, seorang debt collector yang baik harus bisa melakukan penagihan angsuran dengan benar, memberikan pendampingan usaha pada anggota. Serta menangani pinjaman dan pembiayaan yang bermalasah.

“Jumlah Peserta terdiri dari pengurus koperasi sebanyak 25 orang. Setelah mendapat pelatihan dan pendidikan, mereka nantinya akan diuji kompetensi oleh LSP KJK,” bebernya. 

Sementara itu, Kepala Bagian Hubungan Antar Lembaga dari LSP KJK, Junaedi menuturkan sampai saat ini, belum ada satupun juru tagih yang sudah mengikuti uji kompetensi. Sejumlah syarat harus dipenuhi juru tagih diantaranya Diklat berbasis kompetensi sesuai dengan jabatan di lembaganya, dan mengenyam pendidikan minimal SMA. 

“Sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), kalau di Koperasi banyak jabatan yang harus di uji kompetensi mulai dari kasir sampai manajer. Untuk juru tagih belum pernah ada, ini yang pertama,” tandasnya. (rd/daf)

 

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Pebri Mulya