pramuka kota depok 1
PELATIHAN : Kwaran Kecamatan Cipayung mengadakan kegiatan Gelang Ajar Pembina Pramuka 2021, Sabtu (09/10).

RADARDEPOK.COM, CIPAYUNG – Sebanyak 26 pangkalan di kawasan Kwartir Ranting (Kwaran) Kecamatan Cipayung menjadi peserta dalam kegiatan Gelang Ajar Pembina Pramuka 2021, Sabtu (09/10).

Dalam kegiatan tersebut, turut dihadiri Ka Pusdiklatcab Kota Depok, Yusman Firdaus. Sedangkan yang menjadi pelatihnya ada Ade Sukma, Nurjani, Mulyadi, Ridwan, Esti Wijiarti, M. Zakaria, dan Tri Sutrisno.

Ketua Panitia Gelang Ajar 2021, Mulyadi mengatakan, tugas pokok gerakan pramuka adalah menyelenggarakan pendidikan bagi anak-anak dan pemuda Indonesia, yang tentunya berdasarkan prinsip-prinsip metodik pendidikan kepramukaan.

“Semua itu pelaksanaannya direalisasikan dengan keadaan, kepentingan, dan pengembangan bangsa dan masyarakat Indonesia,” ucapnya.

Mulyadi menuturkan, dengan adanya kegiatan Gelang Ajar Pembina Pramuka 2021, diharapkan bisa membekali para pembina pramuka tentang pengertian dasar pendidikan kepramukaan. Selain itu, bisa membina dan mengelola satuan pramuka di gugus depan.

pramuka kota depok 2

“Dalam kegiatan Gelang Ajar Pramuka ini, para pembina diajak untuk berfikiran terbuka untuk menghasilkan inovasi dalam gerakan pramuka. Sehingga, bisa lebih meningkatkan pendidikan kepramukaan,” jelasnya.

Mulyadi menjelaskan, dalam kegiatan yang bermoto ‘Satyaku Kudharmakan, Dharmaku Kubaktikan’ tersebut, juga untuk menyatukan visi dan misi kepramukaan di Kwaran Kecamatn Cipayung. Oleh karena itu, pangkalan yang terlibat dalam kegiatan tersebut, mulai dari jenjang Pendidikan SD, MI, dan SMP yang ada di Kecamatan Cipayung.

“Gelang Ajar ini adalah salah satu bentuk kegiatan untuk meningkatkan diri. Karena, Setiap tahunnya harus ada pelatihan untuk meningkatkan atau memperbaharui dengan dengan keadaan sekarang,” tuturnya. (rd)

 

Jurnalis/Editor : Pebri Mulya