ilustrasi pekerja

RADARDEPOK.COM – Lulusan sarjana setiap tahunnya selalu bertambah, dan mereka berlomba-lomba bisa langsung diserap dunia kerja.

Di dunia kerja, banyak profesi yang bisa dipilih para lulusan sarjana sesuai jurusan saat kuliah.

Namun dari banyaknya profesi yang ada di Indonesia, ada beberapa profesi penting namun masih sepi peminat. Meskipun profesi ini memiliki peluang besar dan sangat dibutuhkan perusahaan.

Dari data The Future of Jobs Report 2020 World Economic Forum, berikut 3 profesi yang masih sepi peminat.

  1. Profesi Analis Data

Beberapa tahun terakhir profesi tersebut semakin dikenal di Indonesia. Profesi ini memiliki tanggung jawab untuk menerjemahkan data menjadi laporan yang nantinya digunakan untuk proses manajemen dan pengolahan data di perusahaan.

Untuk bisa menjadi analis data, beberapa ilmu pemrograman harus dikuasai. Seperti structured query language (SQL), Python, Microsoft Excel dan software visualisasi data lainnya. Untuk bisa berprofesi sebagai analis data, kamu bisa memilih jurusan Data Science.

  1. Profesi Aktuaris

Aktuaris sangat dibutuhkan oleh suatu perusahaan karena memiliki tugas untuk menyelesaikan permasalahan terkait bisnis.

Seperti menganalisis risiko perusahaan dan dampak bencana terhadap perekonomian dan kemajuan perusahaan.

Menurut data dari Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI) di tahun 2019 baru terdapat sekitar 652 orang aktuaris saja di Indonesia.

Untuk bisa berprofesi sebagai aktuaris, kamu bisa mengambil jurusan matematika. Bahkan sudah ada beberapa perguruan tinggi yang sudah memiliki peminatan aktuaria, seperti Universitas Indonesia (UI), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Pelita Harapan (UPH), Universitas Gadjah Mada (UGM) dan beberapa perguruan tinggi lainnya.

  1. Profesi Arsitek Artificial Intelligence (AI)

Walau sudah lazim terdapat di negara maju, profesi ini terbilang masih cukup asing di Indonesia.

Tugas utama arsitek AI adalah mengukur kinerja AI yang telah dibuat dan mempertahankan keberlanjutan AI tersebut.

Menurut Emerging Jobs Linkedin 2020, profesi ini masuk ke dalam tiga teratas pekerjaan yang paling berkembang di Amerika Serikat. Namun di Indonesia bahkan hanya ada satu perguruan tinggi yang menyediakan jurusan AI yaitu di Universitas Indonesia (UI).

Apabila calon mahasiswa tertarik mendalami bidang AI, bisa memilih jurusan kuliah bidang teknologi seperti Teknik Informatika, Ilmu Komputer dan lain-lain. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya