kastil di jepang
Kastil Shuri Okinawa, Jepang.

RADARDEPOK.COM – Sebuah negara terbentuk melewati proses dan sejarah yang panjang. Selama ribuan tahun terakhir, telah banyak negara yang muncul dan tenggelam.

Beberapa negara ada berpredikat sebagai negara tertua di dunia. Hal itu merujuk berdasarkan keberadaan manusia terdahulu maupun sisa-sisa peradaban masa lalu.

Berikut daftar negara tertua, merujuk berbagai sumber.

1. Yunani

Mitologi Yunani menjadi kisah paling populer dan terkenal di seluruh dunia. Seringkali kisah mitologi ini diangkat ke layar lebar hingga dibuat versi manga Jepang.

Salah satu negara tertua di dunia ini telah ada sejak 5.000 sampai 6.000 tahun lalu.

Orang-orang Yunani banyak melahirkan para seniman, teknokrat, politikus, dan lain sebagainya. Bangsa Yunani, juga disebut pencipta dasar-dasar konsep revolusioner dunia dan pencipta dasa-dasar peradaban Barat modern.

Para penduduk Yunani masa lampau banyak membuat kemajuan pesat dalam berbagai bidang seperti sains, teknologi, seni, sastra, hukum, dan sistem politik.

Hingga saat ini, peninggalan kuno Yunani masih dapat dilihat dari situs kuno seperti Kuil Athena.

2. Ethiopia

Para sejarawan menempatkan Ethiopia sebagai salah satu negara tertua di dunia. Hal tersebut dibuktikan dari penemuan sebuah fosil kerangka berusia jutaan tahun.

Melansir All The Rooms, dalam penelitian disebut sebuah kerajaan bernama D’mt menjadi kerajaan paling berkuasa di masa itu.

Ethiopia merupakan sedikit dari negara di Afrika yang tidak merasakan penjajahan bangsa lain. Satu-satunya bentuk pendudukan di Ethiopia terjadi saat diktator Italia Benito Mussolini berkuasa pada 1930-an.

3. Portugal

Walau tidak setua Ethiopia dan Yunani, Portugal termasuk salah satu negara tertua di dunia. Negara Portugal disebut telah eksis sejak 1.139 Masehi.

Eksistensi Portugal sebagai negara tertua diidentifikasi dari garis batas antara Portugal dan Spanyol. Sebelum bernama Portugal, negara itu awalnya bernama Portucale di abad 7 dan 8.

Bangsa Portugal juga dikenal sebagai bangsa penjelajah. Ibu kotanya yakni Lisbon, bahkan disebut-sebut jauh lebih tua dari Roma.

4. Jepang

Negara Asia paling Timur yang juga dikenal dengan sebutan ‘Negeri Matahari Terbit’ Jepang menjadi salah satu negara tertua di dunia.

Dalam mitologi kuno Jepang, Kaisar Jepang pertama disebut keturunan langsung Dewi Matahari, Amaterasu.

Adalah Kaisar Jepang pertama yaitu Kaisar Jimmu yang bertakhta pada 660 SM. Kaisar Jimmu memimpin Jepang dalam dua periode awal yakni, Kojiki dan Shoki.

Sejarawan sendiri menganggap Kaisar Jimmu sebagai mitos dan legenda karena sedikitnya bukti yang membuktikan keberadaannya, mengutip Oldest.

Meski begitu, setiap 11 Februari, warga Jepang memperingati hari kenaikan Kaisar Jimmu. Namun, menurut sastra Tiongkok kuno, negara Jepang muncul pada 300 M.

5. Mesir

Selain Yunani dan Jepang, Mesir termasuk negara tertua di Dunia. Salah satu yang membuat Mesir terkenal adalah kisah mitologi dewa-dewi Mesir.

Peninggalan Mesir kuno sampai saat ini masih bisa ditelusuri. Penggalian situs bahkan sering dilakukan untuk mengungkap kisah utuh peradaban kuno pada masa itu.

Para ilmuwan dan sejarawan meneliti sejarah panjang Mesir dari Hieroglif yang terdapat pada situs kuno yang telah ditemukan.

Hieroglif adalah sistem penulisan khusus yang menggunakan simbol-simbol sebagai Bahasa. Hieroglif disebut-sebut sebagai sistem penulisan tertua kedua di dunia.

Kerajaan Mesir pertama diklaim terbentuk pada milenium ke-4 SM. Dataran kuno ini telah mengalami pergantian raja dan kekaisaran, termasuk kekaisaran Persia dan Ottoman.
Kemudian, bangsa Arab berhasil menaklukkan Mesir pada abad 9 dan 10. Sejak saat itu, Mesir menjadi negara Muslim. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya