vaksinasi cinere
GEBYAR VAKSIN : Kecamatan Cinere Kota Depok menggelar gebyar vaksin dan kini tinggal tersisa 4.149 warga lagi yang belum. FOTO : FAHMI/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM – Kecamatan Cinere Kota Depok tak lama lagi akan terbentuk herd imunnity. Usaha mengejar target pemberian vaksin tersisa 4.149 jiwa dari 69.338 warga yang wajib vaksin. Capain tersebut tak terlepas peran tiga pilar di empat kelurahan, yang bahu-membahu mengajak warga mau divaksin.

Camat Cinere, Mangnguluang Mansur menjelaskan, berdasarkan data ter update di empat kelurahan hampir rata-rata sudah 90 persen warga yang menerima vaksin. Data menyebut, Kelurahan Cinere jumlah penduduk 41.732 jiwa, 27.169 jiwa diataranya merupakan wajib vaksin. Sementara yang sudah tervaksin 25.861 jiwa, yang belum ada 1.305 jiwa. Kemudian, Kelurahan Gandul wajib vaksin ada 19.426 jiwa, yang sudah menerima vaksin 18.608 jiwa dan yang belum divaksin 871 jiwa.

Sementara, Kelurahan Pangkalanjati wajib vaksin ada 14.559 jiwa, yang sudah terima vaksin 13.766 jiwa dan yang belum tersisa 792 jiwa. Terakhir Kelurahan Pangkalanjati Baru ada 8.184 warga yang wajib vaksin, hasilnya sudah 7.003 jiwa yang menerima vaksin dan yang belum sisa 1.181 jiwa. “Dilihat dari hasil tersebut jika dirata-ratakan sudah 90 persen lebih realisasi vaksinasi di Kecamatan Cinere,” jelasnya kepada Harian Radar Depok, Senin (11/10).

Menurutnya, vaksin yang masuk ke Kecamatan Cinere beragam mulai dari Sinovac, Astrazeneca dan Pfizer . Terkait warga yang belum menerima vaksin, akan dikoordinaskian dahulu ke puskesmas. Bisa juga nanti disisir per RW disetiap kelurahan berdasarkan data yang ada. “Kami akan terus mencari warga yang belum tervaksin, bisa kita sisir ke tiap RW,” tegasnya.

Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Cinere, Sugianto menambahkan, capaian ini tak terlepas peran Polri, TNI, ketua lingkungan dan pemuda yang mau direpotkan mencari warga yang wajib vaksin. Apalagi, dengan adanya program Presisi yang digaungkan Polri, ini sangat membantu dalam realisasi capaian target vaksinasi. “Alhamdulillah sudah tinggi vaksinasi di Cinere,” tandasnya singkat.

Patauan Harian Radar Depok, saat gebyar vaksin pelataran Kecamatan Cinere dibuat alur agar tidak terjadi kerumunan. Setiap warga yang datang tak lepas dicek suhu, dan wajib mencuci tangan. Begitu juga dengan penggunaan masker, warga dilarang melepasnya. Pemberian vaksin juga diberi nomor antrean dan dibagi per jam.(rd)

Editor : Fahmi Akbar