pelatihan bengkel motor
ASAH: Suasana pembukaan pelatihan kerja yang diadakan Disnaker Depok, di Wisma Hijau, Jumat (01/10). FOTO : DAFFA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok menyelenggarakan pelatihan Bengkel Roda Dua Angkatan Pertama kepada 20 pencari kerja (pencaker) dari 11 kecamatan. Langkah ini sebagai upaya pembekalan guna mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan keahlian.

Sekretaris Disnaker Kota Depok, Dedi Rosada mengatakan di era industri 4.0, Sumber Daya Manusia (SDM) perlu memperbaharui skill yang dimiliki agar bisa bersaing. Maka dari itu, pelaksanaan pelatihan kerja dengan tema Bengkel Roda Dua ini digelar.

‘Hari ini pelatihan perbaikan roda dua merupakan salah satu kegiatan pelatihan berbasis kompetensi. Kami juga menggelar pelatihan-pelatihannya lainnya seperti tata boga, komputer, dan masih banyak lagi,” ujarnya kepada Radar Depok, Jumat (01/10).

Dedi menyebut, pengadaan pelatihan ini juga sebagai upaya mengurangi angka pengangguran di Kota Depok. Dengan menghadirkan pemateri atau instruktur bersertifikasi tingkat nasional.

“Kami bekerjasama dengan narasumber tersebut karena perusahaan sudah tau kredibilitasnya. semoga pencaker sudah mengikuti pelatihan depok 90 persen bisa terserap ke lapangan kerja (perusahaan),” bebernya.

Dikatakannya, output dari pelatihan Bengkel Roda Dua tersebut adalah menyiapkan tenaga kerja handal. Agar bisa siap terserap lapangan kerja maupun membuka usaha sendiri dan membuka lapangan pekerjaan.

“Intinya dari kami mengadakan pelatihan ini kepada pencaker sehingga bisa memiliki keahlian tertentu sehingga bisa djterima di perusahaan. Syukur-syukur bisa membuka usaha sendiri dan membuka lapangan kerja,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelatihan, Produktivitas dan Bina Lembaga Pelatihan Kerja, Tri Astuti Yeniretnowati menuturkan sebanyak 20 pencaker yang akan mengikuti pelatihan roda dua angkatan pertama selama hampir satu bulan. mulai dari 1-29 Oktober 2021. Puluhan peserta itu didapati usai menjalani pendaftaran serta sejumlah seleksi.

“Mereka sudah melewati seleksi dalam dua tahapan. Pertama, seleksi administrasi bagi pencaker yang memenuhi kriteria sebagai peserta seperti dalam brosur dan kedua, seleksi teknis (melalui wawancara yang dilakukan oleh petugas dan instruktur pelatihan),” katanya.

Sekedar informasi, selain pelatihan Bengkel Roda Dua Angkatan Pertama, Disnaker juga akan menyelenggarakan  sejumlah kegiatan serupa. Meliputi Tata Boga pada 5-13 Oktober, dan Bengkel Roda Dua Angkatan II 1-26 November, Servis Komputer 20-28 September, Pelatihan komputer 20-28 September, serta servis AC 2-10 November. (rd/daf)

 

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Pebri Mulya