penyerang depok
JEBOL GAWANGAN : Pesepakbola putri Jawa Barat, Pani Tri Oktavianti merayakan gol kegawang sepakbola putri Papua Barat dalam babak penyisihan grub A PON XX PAPUA 2021 di Stadion Katalpal, Merauke, Selasa (5/10/2021) (Foto : PB PON XX PAPUA)

RADARDEPOK.COM – Lagi-lagi atlet asal Kota Depok buat kejutan. Penyerang putri bernomor punggung 10, Pani Tri Oktaviani berhasil penyumbangkan gol kemenangan Jawa Barat (Jabar) 5-0  atas Papua Barat, di laga perempat final sepak bola putri, Selasa (5/10). Berkat kemenangan tersebut, Mojang Jabar akan bertemu Papua di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Tim putri Jawa Barat sudah mulai menunjukkan dominasinya sejak awal laga. Gol pertama dihasilkan dari sang striker Mila Nur Kamila. Jabar unggul 1-0.

Tidak puas dengan hanya mencetak satu gol, tim Jabar kembali berhasil menembus gawang tim Papua Barat pada menit 13. Kali ini melalui Pani Tri Oktaviani. Tembakan jarak jauh Pani Tri Oktaviani (10) dari luar kotak penalti tak bisa dijangkau kiper Papua Barat.

Dominasi Mojang Jabar semakin tak terbendung. Pani kembali menjadi mimpi buruk Papua Barat. Dalam tempo 3 menit, Pani mencetak dua gol tambahan menit 16 dan 19. Pasukan Papua Barat berusaha mengejar ketinggalan 4-0 dengan memanfaatkan serangan balik, namun tidak membuahkan hasil. Kegemilangan Nurhalimah di bawah mistar menggagalkan upaya Papua Barat.

Pada menit ke-43, Siti Latipah Nurul Inayah nyari menjebol gawang Papua Barat. Sayang tembakan perempuan yang akrab disapa Uyung itu masih melebar.

Memasuki babak kedua, Tim Papua Barat berupaya mengejar ketinggalan dan terus menekan ke area pertahanan Jabar. Namun kokohnya pertahanan Jabar membuat usaha mereka sia-sia. Bahkan Jabar kembali memperlebar jarak menjadi 5-0 usai tendangan bebas Helsya Maeisyaroh menghujam jala Papua Barat. Skor 5-0 bertahan hingga usai.

Pelatih Sepak Bola Putri Jawa Barat, Ronny Remon mengatakan, anak asuhnya berhasil menerapkan instruksi yang diberikan olehnya untuk bermain menekan pertahanan lawan sejak menit pertama. “Permainan sudah sesuai dengan taktik kita. Saya juga senang saya kira tadi tidak bisa berjalan taktik kita di babak pertama. Anak-anak kita bisa menjalankan instruksi kita bermain dengan pressing ketat,” ujarnya, Selasa (5/10).

Ronny mengungkapkan, pertandingan pertama menjadi sangat menentukan kiprah Jawa Barat di cabang olahraga sepak bola putri PON XX Papua. Dia mengaku, puas dengan hasil laga pertama melawan Papua Barat yang berakhir dengan kemenangan. “Kita tidak menyimpan kekuatan, yang kita turunkan itu kekuatan terbaik. Ini pertandingan pertama siapapun lawannya kalau kita lengah bahaya,” kata Ronny.

Ronny menjelaskan, timnya sudah siap untuk laga selanjutnya melawan Papua dalam penentuan juara Grup A. Untuk itu,  susunan pemain yang diturunkan melawan Papua Barat merupakan yang terbaik.  “Kita tidak mencari siapa lawan kita. Siapapun lawan kita harus siap hadapi. Kami mau tim kami juara grup, jadi kami tidak mencari lawan kami,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua  Humas KONI Kota Depok, Muhammad Abdul Aziz Al Faruqi mengaku, bangga atas apa yang sudah dilakukan tim Sepak Bola Putri Jabar khususnya Pani Tri Oktaviani yang sudah berusaha untuk membawa Timnya masuk ke babak semi final.  “Yang pasti KONI Depok bangga dengan kabar baik ini, karena ini masi satu pertandingan, jangan pede yang berlebihan,” bebernya.

Dia berharap Tim Sepak Bola Putri Jawa Barat dapat masuk ke final dan dapat meraih medali untuk mengharumkan nama Jawa Barat.  “Sesungguhnya masih ada final. Targetnya harus perak. Saya Berharap semoga mereka percaya diri, tapi tetap harus berhati-hati karena masih ada beberapa tahap yang harus di lewati,” tandasnya. (van/rd)

Jurnalis : Ivanna Yustiani 

Editor : Fahmi Akbar