cuci tangan ilustrasi
ILUSTRASI : Peserta didik sedang mencuci tangan sebelum memasuki ruang kelas.

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dinas Pendidikan (Disdik) akan menggelar Gerakan Masyarakat (Germas) untuk menularkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan mencuci tangan pakai sabun, Senin (18/10). Gelaran acara ini diadakan secara serentak di 11 titik satuan pendidikan. 

Kabid Pembinaan SD, Disdik Kota Depok, Wawang Buang mengatakan, dalam rangka memperingati hari mencuci tangan dengan sabun, germas tersebut difokuskan pada belasan satuan pendidikan. Sekaligus guna memonitor pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT). 

“Memang leading sektornya Dinkes, mengajak 30 warga di tiap sekopah agar mencuci tangan dengan sabun secara baik dan benar. Sehingga, PHBS pun bisa diterapkan dan dijaga,” ujarnya kepada Radar Depok, Minggu (17/10). 

Beberapa satuan pendidikan yang akan ikut dalam Germas ini diantaranya Ponpes Darussalam, SDN Kalibaru 3, SDN Sukmajaya 5, SDN Depok 1, SMPN 13 Depok, SMPN 14 Depok, SMKN 2 Depok, TK Aisyiyah Beji, SDN Curug 2, SMPN 17 Depok, dan SMPN 9 Depok. Adapun, sejumlah sekolahh tersebut sudah mempersiapkan sarana prasarana. 

“Sebetulnya dari awal penyelenggaraan PTMT, sekolah sudah menyiapkan westafel dan sabun. Hanya saja saat peninjauan hari ini, terpantau sudah melakukan penambahahan unit tempat cuci tangannya,” terangnya. 

Sekedar informasi, disamping kegiatan germas mencuci tangan dengan sabun. Dinkes akan turut menggelar swab antigen secara acak baik untuk siswa maupun tenaga pendidik. (rd/daf)

 

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Pebri Mulya