motor terbang jepang
Xturismo.

RADARDEPOK.COM – Di Jepang, sepeda motor terbang bukan lagi menjadi impian. Di negara Matahari Terbit tersebut, kendaraan canggih tersebut sudah mampu melesat sampai 100 kilometer per jam di udara, dengan waktu penerbangan bisa sampai 40 menit.

Sepeda motor terbang ini namanya Xturismo yang dibuat oleh startup drone ALI Technologies. Saat uji coba di sirkuit kosong di dekat Gunung Fuji, pengendaranya mampu menjalankannya dengan baik.

Motor terbang Xturismo ini rencananya akan dijual mulai awal tahun depan dengan harga sekitar USD 682 ribu. Untuk tahap awal, akan diproduksi terbatas sejumlah 200 unit.

Selain untuk rekreasi atau transportasi, sepeda motor terbang semacam ini mungkin bisa juga dipakai untuk misi penyelamatan, misalnya di sungai atau laut. Saat diujicoba yang disaksikan sejumlah warga, motor itu terbang berputar-putar selama satu setengah menit.

“Kami ingin menunjukkan gaya hidup baru dengan kendaraan yang bisa melayang ini,” ucap CEO Ali Technologies, Daisuke Katano.

Xturismo ditenagai oleh mesin pembakaran internal dan mengudara dengan bantuan dua baling-baling utama. Ada empat baling-baling tambahan untuk menjaga keseimbangannya. Namun ada kekurangannya, yaitu suara berisik yang ditimbulkan sehingga sepertinya pengendara perlu mengenakan pelindung telinga.

Saat tidak dikendarai, Xturismo mendarat dan diam di tempat dengan dua landasannya, mirip seperti yang terdapat di helikopter.

Sepeda motor terbang ini bukan satu-satunya yang saat ini dikembangkan. Pada Juli silam, perusahaan JetPack Aviation yang berbasis di California sukses menguji coba motor terbang Speeder yang saat ini sudah bisa dipesan seharga USD 380 ribu. Ia akan dipasarkan pada tahun 2023. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya