vaksin pesantren
VAKSINASI PESANTREN : Kepala Kementrian Agama Depok, H Asnawi bersama Pimpinan Pondok Pesantren Quran Tazkiyah Insani KH Nachrowi Ahmad saat menabuh gendang tanda dimulainya 3 Juta Vaksin Santri, di Pesantren Quran Tazkiyah Insani Kecamatan Sawangan.

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Kick off vaksinasi untuk 3 juta santri, ustad maupun ustadzah se-Jawa Barat, termasuk Kota Depok, telah berlangsung. Tandanya dengan penabuhan gendang yang dilakukan Kementrian Agama (Kemenag) Depok, di Pesantren Quran Tazkiyah Insani, Kecamatan Sawangan.

Kepala Kemenah Depok, H Asnawi menerangkan, gendang yang ditabuh menandakan akan memulai vaksinasi bagi seluruh penghuni pondok pesantren, yang diinisiasi Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, sehingga lingkungan pondok pesantren bisa beraktifitas secara aman dan kondusif.

“Ini sangat penting sebagai upaya pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19 dan mendorong segera tercapainya herd immunity atau kekebalan bersama, semoga ikhtiar ini tercapai sesuai yang diharapkan,” tegas Asnawi.

Selain Asnawi, kick off tanda dimulainya vaksinasi untuk pesantren juga dihadiri Pimpinanan Pondok Pesantren Quran Tazkiyah Insani, KH Nachrowi Ahmad dan tokoh agama serta masyarakat sekitar yang turut menyaksikan Kick Off Program Vaksinasi 3 Juta Santri tingkat provinsi Jawa Barat.

Kegiatan yang berlansung secara virtual ini juga disaksikan Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat KH. Adib, Pangdam, serta TNI Polri, hingga Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Setelah gendang di tabuh, para santri dan ustad serta ustadzah di pesantren Quran Tazkiyah Insani langsung menjalankan vaksinasi,” katanya, Rabu (20/10).

Asnawi menekankan, meski sudah menerima vaksinasi secara langkap. Namun para penerima harus tetap menjalankan 5 M dengan disertai 1 D yaitu Doa, agar upaya yang dilakukan bersama dapat di ridhoi sang Pencipta. Hal ini tidak bisa dipandang sebelah mata, mengingat kita sebagai umat ciptaannya.

Nantinya kata Asnawi, dari 3 juta vaksin yang digelar, sebanyak 15 ribu santri di Depok akan menerima vaksinasi yang pelaksanaannya berlangsung di Pondok Pesantren Quran Tazkiyah Insani.

“Semoga ini berjalan lancar ya, Allah SWT meridhoinya. Ini bentuk ikhtiar kita dalam keadaan seperti ini,” ungkapnya.

Nantinya yang akan melaksanakan vaksinasi menggandeng Pemerintah di setiap daerah maupun TNI serta Polri. Pergerakan vaksinasi akan dilakuka secara masif, agar aktifitas di Pondok Pesantren dapat berjalan. (rd/arn)

Jurnalis : Arnet Kelmanutu

Editor : Junior Williandro