whatsapp internet

RADARDEPOK.COM – Fitur multi-device di aplikasi WhatsApp memungkinkan penggunannya memakai di empat perangkat sekaligus. Tidak hanya itu, fitur tersebut juga bisa menggunakan WhatsApp tanpa perlu terhubung dengan koneksi internet.

Beta multi-device merupakan fitur yang memberi akses lebih banyak untuk menghubungkan WhatsApp web, desktop, dan portal sekaligus. Dengan begitu, walau ponsel dalam keadaan tanpa koneksi internet, tetap dapat mengirim pesan, media, dan panggilan.

Bagaimana cara pakai WhatsApp tanpa internet?

Saat ini, fitur multi-device masih dalam tahap versi beta atau tahap uji coba. Untuk menjajal versi uji coba ini, WhatsApp menyarankan untuk memperbarui atau update aplikasi ke versi terbaru.

Setelah perbaruan versi, Anda dapat menggunakan WhatsApp tanpa perlu repot mencari jaringan internet. Cara menggunakan WhatsApp tanpa internet sangat-lah mudah. Merujuk laman WhatsApp, berikut caranya.

Cara Pakai WhatsApp Tanpa Internet di Android

– Buka aplikasi WhatsApp
– Ketuk ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas
– Pilih Perangkat Tertaut
– Pilih Beta Multi-device
– Selanjutnya ketuk Gabung ke Beta

Cara Pakai WhatsApp Tanpa Internet di iOS

– Buka Pengaturan WhatsApp
– Pilih Perangkat Tertaut
– Pilih Beta Multi-device
– Ketuk Gabung ke Beta

Jika ingin memutuskan untuk keluar dari Beta multi-device, lakukan cara yang sama namun pilih opsi Keluar dari Beta.

Namun, harus dipahami juga tentang bagaimana kerja WhatsApp tanpa intenet dengan multi-device.

Riwayat Pesan pada Perangkat Pendamping

Pada fitur beta multi-device, setelah terhubung perangkat pendamping, telepon atau ponsel akan mengirimkan Salinan Riwayat pesan terbaru ke perangkat yang baru saja dihubungkan.

Tidak perlu khawatir akan keamanan, karena pesan terenkripsi secara end-to-end. Riwayat pesan nantinya akan disimpan pada perangkat pendamping.

Sebagai catatan, setelah bergabung ke Beta multi-device, perlu jugamenautkan kembali ponsel ke perangkat pendamping. Meski dapat terhubung ke empat perangkat sekaligus, namun tetap hanya dapat menghubungkan satu telepon ke akun WhatsApp pada satu waktu.

Dalam laman resminya, WhatsApp menyebut, jika telepon tidak digunakan selama lebih dari 14 hari, maka perangkat yang tertaut akan terputus. Selain itu, fitur beta multi-device juga tidak dapat bekerja pada WhatsApp versi lama.

Beta multi-device saat ini tersedia bagi para pengguna aplikasi WhatsApp regular dan WhatsApp bisnis versi terbaru, baik di Android atau iPhone. Meski demikian, fitur ini tidak mendukung penghapusan chat jika perangkat utama adalah iPhone.

Pengiriman pesan atau panggilan kepada pengguna lain tidak akan berhasil, jika penerima masih menggunakan WhatsApp versi lama pada ponsel mereka. Fitur ini juga tidak bekerja pada tablet. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya