newscastle united arab saudi
Mohammed bin Salman.

RADARDEPOK.COM – Klub sepak bola Liga Premier Inggris Newcastle United kini jadi milik Arab Saudi.

Ini dilakukan pasca Dana Investasi Publik (PIF) yang diawasi langsung putra mahkota Arab Mohammed bin Salman (MBS) yang menyelesaikan akuisisi 100% Newcastle United Limited dan Newcastle United Football Club Limited dari St. James Holdings Limited.

PIF bermitra dengan PCP Capital Partners dan RB Sports & Media. Dalam keterangan pers di situsnya, PIF menegaskan semua persetujuan yang diperlukan telah diperoleh dari Liga Premier Inggris dan akuisisi selesai pada 7 Oktober 2021.

“Premier League, Newcastle United Football Club, dan St James Holdings Limited hari ini telah menyelesaikan sengketa pengambilalihan klub oleh konsorsium PIF, PCP Capital Partners, dan RB Sports & Media,” demikian pernyataan Premier League.

Pengambilalihan 300 juta pound atau Rp 5,8 triliun (asumsi Rp 19.300/pound) oleh PIF runtuh tahun lalu karena kekhawatiran tentang seberapa besar kendali kepemimpinan kerajaan dalam menjalankan Newcastle di saat kekhawatiran tentang pelanggaran hak asasi manusia Saudi dan pembajakan hak olahraga.

Lalu berapa kekayaan bersih pemilik Newcastle United Mohammed bin Salman?

Dilansir dari Marca, kekayaan kolektif Dana Investasi Publik Saudi adalah 320 miliar pound atau setara Rp 6.199 triliun. Sementara kekayaan bersih individu MBS diyakini sekitar 13 miliar pound (Rp 251 triliun).

Sementara ini hanya di belakang kekayaan bersih 17 miliar pound (Rp 329 triliun) yang dimiliki pemilik Manchester City Sheikh Mansour, Bin Salman secara efektif memiliki kekayaan keluarga kerajaan Arab Saudi di belakangnya, yang memiliki kekayaan bersih 1,3 triliun pound. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya