kelurahan limo kdrt
SOSIALISASIKAN : Lurah Limo AA Abdul Khoir bersama aparatur Kelurahan Limo dan stakehoder foto bersama selepas acara sosialisasi KDRT sejak dini. IST

RADARDEPOK.COM – Sedia payung sebelum hujan. Peribahasa itu yang dipakai Kelurahan/Kecamatan Limo dalam mencegah terjadinya kekerasan dalam rumah tangga. Belum lama, bidang kemasyarakatan Kelurahan Limo menggelar  sosialisasi pencegahan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) sejak dini.

Kasi Kemasyarakatan Kelurahan Limo, Siti Bairiah mengatakan, pelaksanaan sosialisasi pencegahan KDRT sejak dini merupakan salah satu upaya pemerintah meminimalisir kasus kekerasan rumah tangga, dikalangan masyarakat. Kegiatan ini merupakan program pemerintah kota (Pemkot) Depok, dalam upaya menekan kasus kekerasan rumah tangga.

“Kami berharap para peserta sosialisasi dapat menindaklanjuti pengetahuan terkait pencegahan dini kekerasan dalam rumah tangga, yang biasa menyasar pada anak dibawah umur dan ibu rumah tangga,” ujar Siti Bairiah kepada Harian Radar Depok.

Menurutnya, sosialisasi pencegahan dini KDRT yang dihelat di aula Kantor Kelurahan Limo diikuti stakeholder yang terdiri dari Kader PKK, Ketua RT, Ketua RW, jajaran Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama serta sejumlah unsur lainnya.

Menanggapi hal ini, Lurah Limo, AA Abdul Khoir mengapresiasi antusias para stakeholder mengikuti kegiatan sosialisasi. Dia berharap penyelenggaraan sosialisasi pencegahan dini KDRT akan berdampak positif pada pengurangan jumlah kasus KDRT ditataran masyarakat.

“Dimana-mana yang namanya KDRT sering terjadi, hanya saja terkadang tidak terekspos ke publik dikarenakan berbagai hal. Padahal kasus KDRT merupakan kejadian yang harus dicegah dan butuh kepedulian semua pihak,” kata lurah.

AA menilai, kehadiran jajaran Dinas Perlindungan Anak  Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) dan unsur Kepolisian, yang didaulat sebagai narasumber, sangat tepat. Dalam memberikan materi sosialisasi mengingat kasus KDRT merupakan masalah pelanggaram hukum yang kerap terjadi dalam sebuah rumah tangga.

“Terimakasih kami ucapakan kepada para narasumber dari DPAPMK dan Polresta Depok, yang telah berbagi ilmu kepada warga kami terkait upaya pencegahan dini KDRT. Saya berharap sosialisasi pencegahan dini KDRT seperti ini akan mengikis terjadinya KDRT di kalangan masyarakat,” tandasnya.(van/rd)

Jurnalis : Ivanna Yustiani 

Editor : Fahmi Akbar