limo sampah
SEPAKAT : Stakeholder Kelurahan/Kecamatan Limo sepakat menggerakan pemilihan sampah, Jumat (8/10) saat dapat sosialisasi dari DLHK. IST

RADARDEPOK.COM – Stakeholder Kelurahan/Kecamatan Limo sepakat menggerakan pemilihan sampah, Jumat (8/10). Hasil itu setelah kelurahan dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, mengadakan sosialisasi gerakan pemilahan sampah. Aksi tersebut sebagai tindak lanjut dari peringatan Cleanup sedunia 2021.

Lurah Limo, AA Abdul Khoir meminta, kepada para peserta pelatihan menindak lanjuti hasil pelatihan dilingkungan masing masing. Sehingga warga dapat mengetahui manfaat dan keuntungan yang didapat dari kegiatan memilah sampah.  “Ini sangat penting buat lingkungan. Sudah seharusnya lingkungan kompak mengetaskan sampah dengan memilah sampah,” singkat lurah.

Ketua tim penggerak (TP) PKK Kelurahan Limo, Lia Kamelia mengaku, sejauh ini aksi pemilahan sampah ditingkat rumah tangga masih sangat minim dilakukan masyarakat. Dan kalaupun ada baru dalam lingkup komunitas atau bank sampah. Padahal, aksi memilah sampah idealnya dimulai dari rumah sehingga upaya penanganan dan pemanfaatan sampah menjadi barang bernilai ekonomis akan lebih optimal.

“Harus diakui belum banyak keluarga yang intens melakukan pemilahan sampah dirumahnya, padahal jika setiap rumah melaksanakan pemilahan sampah, maka penanganan sampah akan lebih mudah dan menguntungkan,” papar Lia.

Sementara, Koordinator Unit Pengolahan Sampah (UPS) Kelurahan Limo, Casmin HS menyambut, baik pelaksanaan sosialisasi gerakan pemilahan sampah yang dlaksanakan Kelurahan Limo, dan DLHK Kota Depok dalam momentum peringatan Cleanup sedunia tahun 2021.

“Selama ini kami selalu mencanangkan dan melaksanakan sosialisasi pemilahan sampah kepada masyarakat, bahkan  untuk meningkatkan animo masyarakat dalam melaksanakan pemilahan sampah, kami memberikan pupuk organik gratis bagi keluarga yang telah melakukan pemilahan sampah, itu sudah lama kami lakukan sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah warga yang melaksanakan pemilahan sampah” pungkas Casmin.(van/rd)

Jurnalis : Ivanna Yustiani 

Editor : Fahmi Akbar