lomba diskarpus
RESMI: Pengumuman Lomba Khazanah Arsip Audiovisual 2021, Di Aula Teratai Gedung Balaikota, Rabu (6/10). DAFFA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Setelah melewati alur panjang dari pendaftaran hingga penilaian. Akhirnya, ditetapkan sembilan orang dari tiga kategori, Lomba Khazanah Arsip Audio Visual 2021 gagasan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok menjadi pemenang.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok, Siti Chaerijah Aurijah mengatakan, terlaksananya lomba ini sebagai upaya menambah khazanah arsip Kota Depok. Melalui pengumpulan foto-foto beserta narasi dari para peserta lomba.

Lomba tersebut dimulai pada 3 Juli 2021 sampai 22 September 2021. Penilaian dilakukan pada tanggal 24 September 2021 untuk tiga kategori yakni SMP, SMA dan Umum..

“Tujuan adalah dalam rangka menghimpun arsip foto yang berkaitan dengan kondisi kota Depok saat pandemi Covid-19. Untuk menambah pengetahuan tentang sejarah kota depok saat pandemi berlangsung,” ujarnya kepada Radar Depok, Kamis (7/10).

Siti merinci, pada kategori SMP/sederajat, Kayfa Ismail menyabet juara pertama dengan objek Yang Penting Pakai Masker. Lalu, Juara 2 diraih Nasywaa Imtiyaaz dengan objek Foto Kreatif di Masa Pandemi Covid-19 dan Juara 3 diraih oleh Hammad Fikri dengan objek Usaha Maksimal Kami, Dari Pandemi Jadi Endemi, Ayo Vaksinasi.

Selanjutnya, kategori SMA, Juara 1 diraih oleh Irene Gracia dengan objek Pembukaan Lahan Baru untuk Makam Covid-19. Kemudian, Juara 2 diraih oleh, Aulia Maharani dengan objek Keramaian Sunyi dan Juara 3 diraih oleh Brenda Arlenda dengan objek Kelangkaan Obat Penanganan Covid-19.

“Pada kategori umum, Juara 1 diraih oleh Renna Irene dengan objek Aku Sudah Divaksin Bagaimana Denganmu?. Lalu, Juara 2 diraih oleh Dean Arisanda dengan objek Pejuang Pemulasaran Jenazah Covid-19 dan Juara 3 diraih oleh Okky Mardiansyah Sucahyo dengan objek Depok Berjuang Melawan Covid-19,” bebernya.

Dia menerangkan, keputusan juri tidak dapat diganggu gugat. Selain itu, pemenang dari setiap kategori akan ada hadiah senilai jutaan rupiah. Juara pertama akan mendapatkan Rp2 juta, juara dua mendapatkan Rp1,5 juta. Lalu, juara ketiga mendapatkan Rp1 juta untuk masing-masing kategori.

Diharapkannya, seluruh foto-foto yang terkumpul, Diskarpus dapat menyediakan dan menambahkan khazanah arsip foto yang dimiliki dan dipamerkan. Sehingga masyarakat dapat mengetahui sejarah kondisi covid di depok.

“Semoga foto-foto yang terkumpul akan menjadi arsip berharga yang menggambarkan situasi dan kondisi Kota Depok saat pandemi,” tandasnya. (rd/daf)

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Junior Williandro