lanjutan boks saung
PRODUKTIF : Sejumlah anggota Saung Singgah Kreatif ketika berbincang untuk terus produktif di lokasi Saung Singgah Kreatif, Kecamatan Sawangan. ARNET/RADAR DEPOK

Menjadi lokasi yang penuh ruang kreatif salah harapan dari para pengurus Saung Singgah Kreatif. Banyak komunitas yang singgah dan bermanfaat untuk sesama. Terutama anak kecil. Ada komunitas ukulele, komunitas lingkungan, komunitas musik, dan lainnya, yang dapat menggali seni hingga kreatifitas.

Laporan : Arnet Kelmanutu

RADARDEPOK.COM, Berlokasi dipinggir Situ Pengasinan Sawangan, Kecamatan Sawangan, saung ink menjadi ladang para manusia kreatif dan mempunyai jiwa seni. Setiap hari melatih sesama untuk mempunyai seninkreatif, baik bermusik, dalam dunia lingkungan, sampai melukis.

“Alhamdulilah masih bisa berbagi ilmu sama adik-adik dan lainya. Kita bersyukut bisa jadi manfaat warga sini,” terang Pengajar Ukulele di Saung Singgah Kreatif, Jayadi Eka Sapta.

Semangat itu timbul setelah melihat musik di Kota Depok masih terbilang kurang, terlebih musik tradisional, seperti angklung dan ukulele. Sehingga mengajar alat musik traidisional menjadi misinya dalam mengembangkan masyarakat, dimulai dari warga setempat Saung.

“Semua kami akukan tanpa pungutan biaya. Gratis,” lanjutnya.

Tak berhenti sampai disana, seluruh yang ada disana akan terpacu semangatnya untuk menjadi kreatif, seperti halnya yang dilakukan salah satu pengurus Saung Singgah Kreatif, Fikri.

Dirinya memanfaatkan lahan disekitarnya untuk menanam pohon dan merawatnya di sepanjang jalan depan saung tersebut, agar suasana asri terpancar dari berbagai sisi. Hal ini juga untuk menarik masyarakat tentang aktifitas yang dilakukan dalam saung tersebut.

“Insha Allah bisa menarik masyarakat untuk bersama menciptakan karya yang kreatif, yang bisa membantu satu sama lainnya,” ucapnya.

Tidak sekedar berkumpul, disana juga diajarkan bagaimana menjaga kelestarian alam yang ada disekitar kita. Menanam pohon disekitar saung dan sedikit dekorasi santai membuat tempat tersebut semakin asri. (*)

Editor : Junior Williandro