grogol habitat
ILEGAL : Pekerjaan penataan lahan perumahan di Blok Rawa Sapi jalan raya Pendowo RW 04, Kelurahan Grogol, Limo, yang diduga belum mengantongi perizinan. IST

RADARDEPOK.COM – Unit Bantuan Kegiatan Operasional (BKO) Satpol PP Kota Depok di Kecamatan Limo, menunggu arahan dari Kasi Tramtibum Kecamatan Limo terkait kegiatan pekerjaan penataan lahan perumahan di Blok Rawa Sapi jalan raya Pendowo RW 04, Kelurahan Grogol, Limo, yang diduga belum mengantongi perizinan.

Anggota unit BKO Satpol PP, Abdul Rohim mengatakan, sudah mengetahui prihal kegiatan penataan lahan dilokasi perumahan Habitat di Rawa Sapi RW4 Kelurahan Grogol yang belum mengantongi perizinan. Dan terkait hal itu, dia sudah menitip pesan kepada sekuriti perumahan agar pihak pengembang mentaati aturan, dan tidak melakukan kegiatan sebelum mengantongi perizinan.

“Kami sudah tahu dan kami sudah kelokasi menitipkan pesan melalui satpam proyek agar pihak pengembang perumahan menta’ati aturan dalam melaksanakan proses pembangunan, dan sekarang kami sedang menunggu arahan dari Kasie Satpol PP Kecamatan untuk tindak lanjut laporan ke Satpol PP Kota Depok,” tegas Rohim.

Terpisah, Lurah Grogol, Kecamatan Limo, Danudi Amin memastikan, proses pengerjaan pembangunan perumahan Habitat di Blok Rawa Sapi RW4 Kelurahan Limo, belum mengantongi izin. Lantaran hingga saat ini belum ada pihak pengembang perumahan yang datang ke Kantor Kelurahan untuk mengurus rekomendasi perizinan.

“Sampai hari ini kami belum menerima berkas untuk pembuatan rekomendasi perijinan, sekarang pakai logika saja kalau rekomnya saja belum dibuat berarti kegiatan disana belum ada izinnya,” kata Danu.

Danu mengatakan, meskipun dirinya sudah mengutus petugas tramtibum Kelurahan untuk mempertanyakan soal pembuatan perijinan kepada pengembang, namun lanjut dia sampai saat ini belum ada pihak pengembang yang datang ke Kantor Kelurahan untuk memberikan penjelasan atau mengurus rekomendasi perijinan sebagai dasar pembuatan izin izin lainnya.

“Belum ada yang datang ke Kantor Kelurahan, baru kontak via telepon saja,” tegas lurah.

Menimpali hal ini, Kabid Penegakan Peraturam Daerah (Perda) Satpol PP Kota Depok, Taufiqurrakhman mengatakan, belum mendatangi lokasi proyek karena belum ada pelimpahan dari dinas terkait.

“Kami akan melakukan penindakan sesuai mekanisme dan melalui tahapan sebagaimana mestinya, kalau sudah ada pelimpahan dari Dinas terkait dalam hal ini Wasdal PTSP, kami akan turun melaksanakan tahapan penindakan,” tutup Taufik.(van/rd)

Jurnalis : Ivanna Yustiani 

Editor : Fahmi Akbar