ruang publik guru
Astuti Oktaviani, M.Pd. (Guru Bahasa Inggris SMPN 19 Depok)

Oleh : Astuti Oktaviani, M.Pd. (Guru Bahasa Inggris SMPN 19 Depok)

RADARDEPOK.COM – Pembelajaran jarak jauh menuntut guru untuk merancang dan memodifikasi  instruksi pembelajaran yang efektif, inovatif dan menarik bagi siswa. Guru juga dituntut untuk dapat menguasai teknologi sehingga dapat menciptakan model dan media pembelajaran serta sumber belajar yang dapat mempermudah siswa dalam berpartisipasi dalam proses pembelajaran dan mencapai tujuan pembelajaran secara maksimal. Salah satu sumber belajar yang dapat digunakan guru untuk mencapai tujuan tersebut adalah penggunaan Live Worksheet atau LKS interaktif. Dalam pengembangan LKS interaktif, guru harus memperhatikan kondisi, tujuan serta situasi kegiatan pembelajaran yang dihadapi.

Live Worksheet atau LKS Interaktif merupakan lembar kerja spreadsheetyang berfungsi sebagai tempat input data oleh pengguna melaui sel, diproses dan ditampilkan pada workbook. LKS Interaktif dapat menjadi sumber belajar atau media pembelajaran tergantung pada kegiatan pembelajaran yang dirancang oleh guru. (Fadila N.M, dkk. : 2021). Salah satu platformyang menyediakan tempat untuk guru dalam membuat LKS Interaktif adalah website liveworksheets.com yang dapat diakses oleh para guru secara gratis. Penggunaan liveworsheets dapat memungkinkan guru untuk mengubah LKS tradisional yang dicetak menjadi latihan online interaktif dengan disertai koreksi diri sehingga disebut “Interactive Worksheet/LKS Interaktif”. Liveworsheets juga memanfaatka teknologi baru yang dapat diterapkan dalam pendidikan yang mana latihan soal yang diberikan dapt berupa suara, video, pilihan ganda, drag and drop, matching, dan bahkan latihan lisan yang harus diselesaikan siswa dengan menggunakan mikrofon.

Guru dapat menggunakan website Liveworksheets.comuntuk membuat LKS interaktif sendiri, dimana website tersebut juga menyediaakan tutorial pembuatannya pada halaman tersendiri. Selain itu  guru juga dapat menggunakan LKS interaktif yang sudah ada yang telah dibagikan oleh guru lainnya. Liveworsheets mempunyai banyak sekali koleksi LKS interaktif yang mencakup berbagai macam bahasa dan mata pelajaran yang telah dibagikan oleh para guru lainnya.Penggunaan LKS interaktif  dapat mengurangi beban guru untuk mengoreksi atau memberikan umpan balik pada siswa dengan adanya sistem pemberian umpan balik secara  langsung.Penggunaan LKS interaktif untuk siswa yaitu siswa dapat mengerjakan lembar kerja secara online dan mengirimkan jawaban mereka kepada guru melaui e-mail atau google classroom.

Dalam pembelajaran bahasa Inggris di kelas 7, yaitu pada K.D. 3.4. Membandingkan fungsi sosial, struktur text, dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif kisan dan tulis dengan memeberi dan meminta informasiterkait dengan deskripsi orang, binatang dan benda, sangat pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaanya. Khususnya pada materi tentang unsur kebahasaan:kosa kata terkait ciri-ciri fisik dan sifat manusia, penulis menggunakan LKS interaktif yang ada dalam website liveworksheets.com. dalam pemberian tugas dan ulangan harian siswa. Pemberian tugas dan ulangan harian siswa ini diberikan melalui google classroom dengan cara membagikan link dari tugas yang sudah dipilih dari liveworksheets untuk dikerjakan oleh siswa. Siswa dapat mengerjakan LKS interaktif tersebut dimana saja dan kapan saja selama terdapat jaringan internet sehingga tidak ada siswa yang tertinggal dalam mengakses tugas yang diberikan.

Dari pengalaman penulis dalam menggunakan LKS interaktif, dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKS interaktif sangat efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Penggunaan LKS Interaktif ini dapat memotivasi  siswa karena siswa dapat langsung melihat score perolehan mereka. Selain itu penggunaan LKS interaktif mendapat respon yang positif dari siswa karena siswa berperan aktif secara langsung dalam mengerjakan tugas.Kemudian tampilan yang disajikan dalam LKS interaktif lebih menarik karena dapat ditambahkan video, audio, dan animasi. Selanjunya penggunaan LKS interaktif juga dapat meningkatkan kemampuan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) siswa.(*)

Editor : Fahmi Akbar