ganjil genap depok
ILUSTRASI : Satlantas Polrestro Depok sedang melangsungkan operasi bagi pengendara yang melanggar ketentuan di Jalan Margonda Raya. ARNET/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Menjelang penetapan Ganji Genap (Gage) di Kota Depok. Satlantas Polres Metro Depok, telah mempersiapkan jalur alternatif atau rekayasa lalu lintas untuk menghindari penumpakan serta kemancetan Jalan Protokol yang akan diterapkan Gage.

Dalam keterangan resminya, Kasatlantas Polres Metro Depok, AKBP Andi M Indra Waspada menjelaskan, rekayasa jalan atau jalur alternatif saat penerapan Gage telah dipersiapkan agar kemacetan maupun penumpukan kendaraan tidak terjadi, hanya tinggal melakukan sosialiasasi secara masif.

“Jangan khawatir. Pasti jalur aliternatif telah kami siapkan, untuk mengantisipasi kemacetan,” jelas Indra saat dikonfirmasi.

Ia menuturkan, bagi pengendara yang ingin ada jalur alternatif yang bisa dilalui roda dua maupun empat, semuanya telah dikoordinasikan dengan warga setempat.

Pihaknya akan menyiapkan rambu guna menghindari kemacetan yang terjadi di jalur alternatif sebagai imbas atas pemberlakuan ganjil genap.

“Pertama memang rambu yang kita siapkan untuk masyarakat, jadi jelas kalau memang ternyata kendarannya tidak sesuai dengan jam ganjil genap jadi mereka bisa lewat ke jalur yang sudah disiapkan,” katanya.

Indra memastikan, upaya membuka jalur alternatif dilakukan untuknmengantisipasi kemacetan arus lalu lintas, guna mengurangi kepadatan lalu lintas di Jalan Margonda Raya. Dengan tujuan agar jika terjadi penumpakan dapat terurai.

Adapun beberapa titik jalur alternatif, yaitu dari arah Lenteng Agung diarahkan belok kiri ke Jalan Komjen M Jasin. Sementara dari arah Jalan Komjen M Jasin diarahkan lurus ke Lenteng Agung.

Selanjutnya, ia menerangkan, dari arah Juanda diputar balik, dari exit tol diarahkan belok kiri ke arah Juanda. Lalu bagi pengendara dari arah Jalan Arif Rahman Hakim diarahkan belok kanan ke Jalan Margonda segmen 1

“Untuk pengendara dari arah Jalan Margonda Segmen 1 dibelokkan ke Jalan Arif Rahman Hakim, dan dari arah Tol Kukusan dibelokkan ke Jalan Ir. H Juanda,” ungkapnya.

Saat ini, sesuai informasi yang dihimpun Satlantas Polres Metro Depok sedang melakukan study banding untuk melakukan penerapan Gage ke Polda Metro Jaya, agar penerapan tersebut berjalan maksimal, mengingat aktiftas serta mobilitas masyarat dalam pemantuan. (rd/arn)

Jurnalis : Arnet Kelmanutu

Editor : Junior Williandro