mitigasi bencana bojongsari
SOSIALISASI : Aparatur Kelurahan Serua sedang memberikan sosialisasi mitigasi bencana kebakaran kepada warganya, di Kampunt Goes, Kelurahan Serua. FOTO : INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, SERUA – Puluhan warga Kelurahan Serua, Kecamatan Bojongsari mendapatkan ilmu mengenai mitigasi bencana kebakaran. 

Lurah Serua, H. Sanudin AR mengatakan, pihaknya mengadakan kegiatan sosialisasi mitigasi bencana kebakaran kepada warganya dalam rangka mencegah timbulnya kebakaran di pemukiman penduduk. 

“Sebagai kelurahan dengan tingkat hunian penduduk yang cukup padat, kami merasa perlu memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk mencegah timbulnya kebakaran,” kata H. Sanudin, Kamis (14/10). 

Dia mengungkapkan, dalam sosialisasi ini, pihaknya mengundang Kepala UPT Damkar Kecamatan Bojongsari, Munadi sebagai narasumber. 

“Munadi mengajarkan warga cara menangani kebakaran yang biasanya timbul dari beberapa faktor, seperti kebocoran tabung gas, dan lupa mematikan kompor,” ucapnya. 

Dia menjelaskan, ada 80 warga yang terdiri dari pengurus lingkungan, warga, dan Karang Taruna, yang ikut serta dalam sosialisasi ini. Untuk mencegah kerumunan, pelatihan dilakukan selama dua hari dan dibagi menjadi dua sesi. Mulai dari Kamis (14/10), hingga Jumat (15/10). 

“Sesi pertama itu pagi diikuti 40 orang, dan sesi kedua siang, diikuti 40 orang lainnya,” bebernya. 

“Hari pertama kita berikan pelatihan teori, lalu hari kedua akan dilakukan latihan praktek memadamkan api. Baik dengan cara manual media kain basah, ataupun dengan alat pemadam api ringan (APAR),” tutupnya. (rd/dra)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Pebri Mulya